Menurut Zainal (1988:3-4)
prestasi mempunyai beberapa fungsi utama antara lain:
1) Sebagai indikator keberhasilan dan
kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai anak didik,
2) Sebagai lambang pemuasan hasrat ingin tahu,
3) Sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan. Dengan asumsi bahwa prestasi belajar dapat dijadikan pendorong bagi anak didik dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan berperan sebagai umpan balik (feed back) dalam meningkatkan mutu pendidikan,
4) Sebagai indikator intern dan ekstern dari suatu institusi pendidikan. Indikator intern dalam arti bahwa prestasi belajar dapat dijadikan tingkat produktivitas suatu institusi pendidikan. Indikator ekstern dalam arti bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar dapat dijadikan indikator tingkat kesuksesan anak didik di masyarakat, dan
5) Sebagai indikator terhadap daya serap (kecerdasan ) anak didik.
Dengan demikian penting untuk mengetahui prestasi yang dicapai oleh siswa dalam proses belajar mengajar guna untuk mencapai indikator-indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar .