Penentuan Faktor Strategi Eksternal
(EFAS)
Menurut Rangkuti (2006, p22-23), sebelum
membuat matrik faktor strategi
eksternal, terlebih dahulu kita perlu
mengetahui faktor strategi eksternal
(EFAS).
Tabel
EFAS (Rangkuti, 2006, p23)
FAKTOR STRATEGI EKSTERNAL
|
BOBOT
|
RATING
|
BOBOT X RATING
|
KOMENTAR
|
PELUANG
|
||||
Total
Peluang
|
||||
ANCAMAN
|
||||
Total
Ancaman
|
||||
TOTAL EFAS
|
Berikut ini adalah cara-cara
penentuan Faktor Strategi Eksternal
(EFAS) :
a. Susunlah dalam kolom 1 (5 sampai dengan 10 peluang dan ancaman).
b. Beri bobot masing-masing faktor dalam kolom 2, mulai dari 1,0 (sangat
penting) sampai dengan 0,0 (tidak penting). Faktor-faktor tersebut
kemungkinan dapat memberikan
dampak terhadap faktor strategis.
c.
Hitung rating (dalam
kolom tiga) untuk masingmasing faktor dengan memberikan
skala mulai dari 4 (outstanding) sampai dengan 1 (poor) berdasarkan pengaruh faktor
tersebut terhadap kondisi perusahaan
yang bersangkutan. Pemberian nilai rating untuk faktor peluang
bersifat positif (peluang yang semakin besar diberi rating +4, tetapi jika peluangnya kecil,
diberi rating +1). Pemberian
nilai rating ancaman adalah
kebalikannya. Misalnya, jika nilai ancamannya sangat
besar, rating adalah 1. Sebaliknya, jika nilai ancamannya sedikit
ratingnya 4.
d. Kalikan bobot pada kolom 2 dengan rating pada
kolom
3,
untuk
memperoleh faktor pembobotan
dalam kolom 4. Hasilnya berupa skor
pembobotan untuk masingmasing faktor
yang nilainya bervariasi mulai dari 4,0 (outstanding) sampai dengan 1,0 (poor).
e. Gunakan kolom 5 untuk
memberikan
komentar
atau
catatan
mengapa faktor-faktor tertentu dipilih
dan
bagaimana skor
pembobotannya dihitung. Jumlahkan skor pembobotan (pada kolom
4), untuk memperoleh total skor bagi perusahaan yang bersangkutan. Nilai total ini menunjukkan
bagaimana perusahaan tertentu bereaksi terhadap faktor-faktor strategis
eksternalnya. Total skor ini dapat digunakan untuk membandingkan
perusahaan ini dengan kelompok
industri yang sama.