FORM
Form adalah object utama yang otomatis dibuat oleh Visual FoxPro pada waktu
pengetikan perintah MODIFY FORM. FORM
dapat mengandung semua object yang lain, kecuali formset yang lebih luas karena
sebuah formset dapat mengandung beberapa form.
Property khusus:
MaxButton, MinButton,
ControlBox: menentukan apakah tombol maximize, minimize, dan control MenuBox ditampilkan atau tidak.
WindowSlate: menentukan
ukuran form tersebut waktu
program dijalankan.
LABEL
Sesuai dengan namanya, object yang biasanya menampilkan teks
tertentu seperti: judul, keterangan, dan Iain-Iain. Label tidak memiliki data source, tidak dapat diedit secara
Iangsung, tidak dapat di-click atau
ditab.
TEXT
BOX
Textbox dipergunakan untuk
mengisikan input yang
tidak dapat ditentukan
sebelumnya. Jika Value tidak diberi
nilai awal, maka isi textbox dianggap character,
sedangkan jika diberi nilai awal berupa angka,
maka angka dianggap numeric.
Property khusus:
ControlSource: menentukan field dan table mana yang merupakan sumber
data textbox yang bersangkutan.
lnputMask:
menentukan
karakter apa yang dapat diketikkan ke dalam textbox tersebut.
X à semua karakter dapat
diisikan
9 à angka dan tanda (+/)
dapat diisikan
# à angka, tanda, dan blank
dapat diisikan
Y à membatasi pengisian hanya
bisa Y dan N
$ dan £$ à menambahkan tanda currency
*à tempat kosong akan diisi
tanda bintang/asterik
. à menunjukkan jumlah
desimal yang dikehendaki
, à membubuhkan pemisah
ribuan
Format: menentukan bagaimana
karakter yang merupakan value dari textbox itu akan
ditampilkan.
Aà hanya menerima huruf
(spasi & tanda baca tidak diterima)
Dà menggunakan format date dengan SET DATE
E à mengedit data jenis Date sebagai British
Kà
menyeleksi textbox waktu kursor
dipindahkan ke textbox
L à
mengisi semua tempat kosong dengan nol
M à
memberikan pilihan dalam InputMask
! à
mengubah huruf kecil menjadi huruf besar
PasswordChar: menentukan karakter apa
yang akan ditampilan waktu user mengisikan password.
EDIT BOX
Edit Box berguna untuk dipakai
mengisi/mengedit/menampilkan field memo atau field character yang sangat
panjang.
Property khusus:
ControlSource. lsikan nama table (file DBF) dan nama field yang
terkait dengan edit box tersebut.
Readonly: menentukan apakah user
diperbolehkan mengubah teks yang ada di text
box.
Scrollbars: apakah textbox akan
diberi scroll bar atau tidak.
COMMAND BUTTON
Merupakan object
yang paling penting dan paling sering digunakan, sebab biasanya dipakai untuk
memerintahkan kepada program untuk melakukan
suatu proses. Event
khusus: click
COMMAND GROUP
Kadang-kadang memberikan kemudahan, yaitu
membuat sekelompok command button sekaligus dimana procedure untuk click event-nya dapat dibuat sekaligus pula
pada command button group. Contohnya:
RELEASE THIS FORM (untuk keluar dari form
tersebut)
Event khusus: Click
Property khusus:
Button count, menyatakan berapa tombol yang terdapat di dalam
group
OPTION GROUP
Option Button Group merupakan sebuah container yang mengandung beberapa Option Buttons: Object ini biasanya untuk memaksa user
agar hanya dapat memilih satu dari sejumlah pilihan.
Property khusus:
ButtonCount: menentukan berapa pilihan
di dalam group
Value: menentukan option mana yang telah terpilih (option pertama=1, kedua=2, dst)
CHECKBOX
Berbeda dengan
Option Group biasanya sebuah
program aplikasi menampilkan
sekelompok check box di mana user dapat memilih salah satu atau
beberapa dari pilihan yang diajukan. Namun demikian, masing-masing checkbox hanya dapat berstatus .T. atau
.F. atau NULL. Apabila sebuah checkbox
dikaitkan dengan sebuah field logical,
maka jika sebuah record adalah .T. akan diberi tanda X, sedangkan jika .F. akan
dikosongkan.
Property khusus:
Value: menyatakan status dari
pada checkbox
Control Source: keterkaitan checkbox dengan sebuah field
tertentu.
COMBO
BOX
Combo
box
merupakan kombinasi daripada sebuah list
box dan text box. Ada dua jenis combo box: Dropdown Combo dan Dropdown
List.
Property khusus:
Control Source: menentukan tabel (file
DBF) yang merupakan sumber dari mana pilihan diperoleh.
RowSourceType: menentukan jenis input yang diharapkan.
0 - None
1 -
Value (pilihan ditulis Iangsung diproperti ini)
2 - Table (pilihan diperoleh dari Table (file
DBF)
3 - SQL Statement (pilihan diperoleh dari rumus
SQL query)
4 - QPR (pilihan diperoleh
dari file OPR)
5 - Array (pilihan diperoleh dari variable
array)
6 - Fields (pilihan diperoleh dari fields
tertentu)
RowSource: menentukan secara spesifik
sumber dari pilihan-pilihan yang ada Hal ini harus
sesuai dengan RowSourceType.
Style: memilih antara Dropdown
Combo dan Dropdown List.
LIST
BOX
Mirip dengan ComboBox,sebuah List Box biasa dipakai untuk menampilkan sebuah daftar pilihan.
Property Khusus:
ColumnCount: menentukan jumlah kolom di dalam List Box.
ColumnWidths: menentukan lebar
masing-masing kolom di dalam Listbox.
Contoh penulisan: 25,100,50 artinya kolom pertama lebamya 25, kolom kedua 100,
dan ketiga lebamya 50.
ControlSource: menunjukkan dimana nilai
yang terkandung di dalam ListBox
disimpan.
RowSource & RowSourceType: lihat penjelasan ComboBox.
SPINNER
Spinner biasanya dipakai untuk
membuat pilihan numeric atas
sederetan
nilai. Pengisian spinner dapat langsung diketikkan, dan
dapat juga dengan meng-click mouse pada tanda panah di sebelah kanan spinner.
Property khusus:
KeyboardHighValue&KeyboardLowValue:
menentukan
nilai terbesar dan terkecil yang dapat diisikan melalui keyboard.
SpinnerHighValue&SpinnerLowValue:
menentukan
nilai terbesar dan terkecil yang dapat diisikan dengan meng-click mouse.
Interval: berapa nilai yang 'diloncat'
setiap kali user menekan tombol mouse.
GRID
Seperti yang terlihat pada
gambar diatas, sebuah Grid dapat mengandung beberapa Columns dan Headers.
Masing-masing grid, column dan header
merupakan object tersendiri.
Property khusus:
ColoumnCount: menentukan berapa banyak column yang
terdapat di dalam grid. (Jika diisi -1, maka jumlah column
otomatis sama banyaknya dengan jumlah field dari tabel (file DBF)
yang terasosisi dengan Grid tersebut).
Recordsource & RecordSourceType: hal ini sama dengan Row Source dan RowSourceType
pada combo box.
CATATAN: untuk mengubah lebar
setiap kolom. Letakkan mouse cursor pada batas diantara dua header
sampai bentuk cursor berubah, lalu click and drag.
IMAGE
Dipakai untuk menampilkan
sebuah gambar (file .BMP) pada form.
Property khusus:
Picture: disini disebutkan nama file
gambar (.BMP) yang harus ditampilkan.
TIMER
Timer adalah suatu objek yang
khas, karena pada saat runtime (program dijalankan), objek ini tidak
akan terlihat. Yang terasa hanyalah pengaruhnya
atas jalannya program. Timer
akan melakukan sebuah procedure tertentu secara berulang-ulang setiap kali
sejumlah waktu telah berlalu.
Event khusus:
Timer. Ini
adalah event yang
harus dibuatkan procedurenya,
dimana kita memberikan perintah-perintah kepada program, apa yang harus
dilakukan timer setiap kali interval waktu itu telah lewat.
Property khusus:
Interval: lamanya objek Timer
harus menunggu sebelum melakukan suatu proses. Satuan interval yang
dipergunakan adalah milisecond. Misalnya, jika interval ditentukan 500, maka berarti Timer
akan mengulang kegiatannya setiap setengah detik sekali.
PAGEFRAME
Page
frame merupakan sebuah container
yang mengandung beberapa objek lain, yaitu page.
Property khusus:
Pagecount: menentukan jumlah pages
yang terdapat di dalam Page frame.