Tabel di bawah ini menunjukkan standard IT Balanced Scorecard. Perspektif orientasi
pengguna menggambarkan evaluasi user terhadap IT. Perspektif penyempurnaan operasional menggambarkan proses IT
yang dikerjakan untuk mengembangkan dan memenuhi aplikasi. Perspektif orientasi masa
depan menggambarkan sumber
daya manusia dan teknologi yang
dibutuhkan IT untuk memberikan
pelayanan. Perspektif kontribusi perusahaan menjelaskan nilai
bisnis dari investasi IT . (Grembergen,
2000)
Standard IT Balanced Scorecard
Perspektif
|
Misi
|
Strategi
|
Kontribusi
perusahaan
Bagaimana manajemen
memandang
divisi IT ?
|
Untuk mencapai
kontribusi bisnis terhadap investasi IT.
|
• Pengendalian biaya IT.
• Nilai
bisnis dari proyek
IT .
• Menyediakan kemampuan bisnis
baru
.
|
Orientasi
pengguna
Bagaimana pengguna memandang divisi IT ?
|
Untuk menjadi
penyedia sistem informasi
pilihan.
|
• Penyedia aplikasi
pilihan
• Penyedia operasi pilihan
• Kerjasama dengan pengguna
• Kepuasan pengguna
|
Penyempurnaan
operasional
|
Memberikan
produk dan layanan
IT yang maksimal.
|
• Pengembangan aplikasi yang maksimal.
|
Perspektif
|
Misi
|
Strategi
|
Seberapa efektif
dan efisien proses IT ?
|
Efektif dan efisien .
|
• Operasi
yang efisien dan efektif .
|
Orientasi masa
depan
Seberapa baik IT
diposisikan
untuk memenuhi
kebutuhan di masa depan ?
|
Mengembangkan
kesempatan utnuk menjawab
tantangan masa depan .
|
• Melatih
dan
mendidik
keahlian staff IT .
• Penelitian terhadap perkembangan IT saat ini
• Umur
aplikasi .
|
Sangat
penting
untuk
mengembangkan sebuah hubungan sebab akibat
di
dalam IT Balanced Scorecard
yang menjelaskan pengukuran hasil dan performance drivers. IT Balance Scorecard yang baik membutuhkan perpaduan
yang baik dari dua
tipe pengukuran. Pengukuran hasil seperti produktivitas programmer tidak
memperhatikan
bagaimana cara hasil tersebut
dicapai. Dan performance drivers tanpa pengukuran hasil dapat menyebabkan investasi yang besar namun tanpa sebuah pengukuran apakah strategi
ini efektif. Hubungan sebab akibat
ini perlu didefinisikan ke dalam seluruh
scorecard : pelatihan
staff IT yang semakin baik
(Perspektif orientasi masa depan)
akan mendukung (performance driver) terhadap
pengembangan sistem dengan kualitas yang lebih baik (perspektif penyempurnaan operasional) yang akan menyebabkan
kepuasan user meningkat (perspektif orientasi pengguna) yang
pada
akhirnya
akan
berdampak
pada
nilai
bisnis
dari
IT
yang
meningkat
(perspektif kontribusi perusahaan).
JIKA
Keahlian staff IT meningkat ( perspektif orientasi masa depan)
MAKA
Hal
ini akan menghasilkan pengembangan sistem dengan
kualitas yang lebih baik (penyempurnaan operasional)
MAKA
MAKA
Hal
ini akan menyebabkankepuasan user yang meningkat (perspektif orientasi
pengguna)
MAKA
Hal ini akan menambah dukungan terhadap proses bisnis
MAKA
Hal ini akan menambah dukungan terhadap proses bisnis
( perspektif kontribusi perusahaan)
Hubungan Sebab Akibat
Hubungan Sebab Akibat
•
Perspektif Kontribusi Perusahaan
Perspektif ini mengevaluasi performance IT dari
pandangan manajer eksekutif, dewan
direksi, dan pemegang saham. Hal yang
dibahas dalam kontribusi perusahaan
ini yaitu kontribusi strategis, performance yang sinergis, nilai bisnis dari
proyek IT dan manajemen dari
investasi IT.
Tolok
ukur
yang
digunakan berdasarkan standar
obyektif
yang
tersedia
atau
yang
dapat
ditentukan dan hampir semua kasus
berasal dari sumber eksternal.
• Perspektif Orientasi Pengguna
Perspektif orientasi
pengguna mengevaluasi
performance IT dari pandangan pelaku bisnis serta pelanggan dari unit bisnis. Hal yang dibahas dalam orientasi pengguna yaitu kepuasan pelanggan,
penggabungan IT atau bisnis, keberhasilan
pengembangan aplikasi dan tingkat keberhasilan pelayanan. Divisi IT merupakan bagian dari sebuah organisasi, maka yang dimaksud pengguna
divisi adalah pengguna internal. Ada tiga fokus yang diperhatikan di sini yaitu
menjadi penyedia apliaksi
pilihan, bekerja sama dengan pengguna dan menjamin kepuasan pengguna.
Hal ini bertujuan untuk memfokuskan
pada pengembangan hubungan bisnis dan pengimplementasian organisasi IT yang baru dan proses IT-nya.
• Perspektif Penyempurnaan
Operasional
Perspektif penyempurnaan operasional mengevaluasi keberhasilan IT dari pandangan
manajemen IT dan badan audit serta pokok – pokok pengaturannya. Hal yang dibahas
dalam pennyempurnaan operasional yaitu proses keunggulan, proses yang cepat tanggap, pengelolaan jaminan, dan
perlindungan serta
keamanan. Penyempurnaan operasional memiliki
kontribusi yang penting karena
berakibat pada dua hal, yaitu kualitas produk dan penekanan biaya IT.
• Perspektif Orientasi Masa Depan
Perspektif orientasi
masa depan mengevaluasi keberhasilan IT dari
pandangan perusahaan khususnya
divisi IT itu sendiri
yaitu proses kepemilikan, pelaksana dan pendukung tenaga
ahli. Hal yang dibahas dalam orientasi masa depan yaitu peningkatan kemampuan perusahaan,
keefektifan manajemen karyawan,
perkembangan arsitektur IT perusahaan, dan penelitian terhadap
teknologi-teknologi baru yang muncul.
Perspektif ini bertanggung jawab untuk
menyiapkan personil IT dalam menghadapi
tantangan masa depan.