IT Balanced Score Card

Tabel di bawah ini menunjukkan standard IT Balanced Scorecard. Perspektif orientasi pengguna menggambarkan evaluasi user terhadap IT. Perspektif penyempurnaan operasional menggambarkan proses IT yang dikerjakan untuk mengembangkan dan memenuhi aplikasi. Perspektif orientasi masa depan menggambarkan sumber daya manusia dan teknologi yang dibutuhkan IT untuk memberikan pelayanan. Perspektif kontribusi perusahaan menjelaskan nilai bisnis dari investasi IT . (Grembergen, 2000)

 Standard IT Balanced Scorecard


Perspektif
Misi
Strategi
Kontribusi

perusahaan


Bagaimana manajemen memandang divisi IT ?
Untuk mencapai

kontribusi bisnis terhadap investasi IT.
      Pengendalian biaya IT.


      Nilai bisnis dari proyek

IT .


      Menyediakan kemampuan bisnis baru
.
Orientasi

pengguna


Bagaimana pengguna memandang divisi IT ?
Untuk menjadi

penyedia sistem informasi pilihan.
      Penyedia             aplikasi pilihan

      Penyedia operasi pilihan


      Kerjasama            dengan pengguna

      Kepuasan pengguna
Penyempurnaan

operasional
Memberikan

produk dan layanan

IT yang maksimal.
         Pengembangan  aplikasi yang maksimal.




Perspektif
Misi
Strategi
Seberapa efektif

dan efisien proses IT ?
Efektif dan efisien .
      Operasi yang efisien dan efektif .
Orientasi masa

depan


Seberapa baik IT

diposisikan

untuk memenuhi kebutuhan di masa depan ?
Mengembangkan

kesempatan utnuk menjawab tantangan masa depan .
      Melatih   dan   mendidik keahlian staff IT  .

      Penelitian         terhadap perkembangan   IT   saat ini

      Umur aplikasi .



Sangat  penting  untuk  mengembangkan  sebuah  hubungan  sebab  akibat  di dalam IT Balanced Scorecard yang menjelaskan pengukuran hasil dan performance drivers. IT Balance Scorecard yang baik membutuhkan perpaduan yang baik dari dua tipe pengukuran. Pengukuran hasil seperti produktivitas programmer tidak memperhatikan bagaimana cara hasil tersebut dicapai. Dan performance drivers tanpa pengukuran hasil dapat menyebabkan investasi yang besar namun tanpa sebuah pengukuran apakah strategi ini efektif. Hubungan sebab akibat ini perlu didefinisikan ke dalam seluruh scorecard  : pelatihan staff  IT yang semakin baik (Perspektif orientasi masa depan) akan mendukung (performance driver terhadap pengembangan sistem dengan kualitas yang lebih baik (perspektif penyempurnaan operasional) yang akan menyebabkan kepuasan user meningkat (perspektif orientasi pengguna)  yang  pada  akhirnya  akan  berdampak  pada  nilai  bisnis  dari  IT  yang meningkat (perspektif kontribusi perusahaan).

JIKA
Keahlian staff IT meningkat ( perspektif orientasi masa depan)

MAKA
Hal ini akan menghasilkan pengembangan sistem dengan kualitas yang lebih baik (penyempurnaan operasional)

MAKA
Hal ini akan menyebabkankepuasan user yang meningkat (perspektif orientasi pengguna)

MAKA
Hal ini akan menambah dukungan terhadap proses bisnis
 ( perspektif kontribusi perusahaan)

Hubungan Sebab Akibat

Perspektif Kontribusi Perusahaan
Perspektif ini mengevaluasi performance IT dari pandangan manajer eksekutif, dewan direksi, dan pemegang saham. Hal yang dibahas dalam kontribusi perusahaan ini yaitu kontribusi strategis, performance yang sinergis, nilai bisnis dari proyek IT dan manajemen   dari   investasi   IT.   Tolok   ukur   yang   digunakan berdasarkan  standar  obyektif  yang  tersedia  atau  yang  dapat ditentukan dan hampir semua kasus berasal dari sumber eksternal.
 Perspektif Orientasi Pengguna
Perspektif orientasi pengguna mengevaluasi performance IT dari pandangan pelaku bisnis serta pelanggan dari unit bisnis. Hal yang dibahas dalam orientasi pengguna yaitu kepuasan pelanggan, penggabungan IT atau bisnis, keberhasilan pengembangan aplikasi dan tingkat keberhasilan pelayanan. Divisi IT merupakan bagian dari sebuah organisasi, maka yang dimaksud pengguna divisi adalah pengguna internal. Ada tiga fokus yang diperhatikan di sini yaitu menjadi penyedia apliaksi pilihan,  bekerja sama dengan pengguna dan menjamin kepuasan pengguna. Hal ini bertujuan untuk memfokuskan pada pengembangan hubungan bisnis dan pengimplementasian organisasi IT yang baru dan proses IT-nya.
 Perspektif Penyempurnaan Operasional
Perspektif penyempurnaan operasional mengevaluasi keberhasilan IT dari pandangan manajemen IT dan badan audit serta pokok – pokok pengaturannya. Hal yang dibahas dalam pennyempurnaan operasional yaitu proses keunggulan,   proses yang cepat tanggap, pengelolaan jaminan,    dan    perlindungan    serta    keamanan.    Penyempurnaan operasional memiliki kontribusi yang penting karena berakibat pada dua hal, yaitu kualitas produk dan penekanan biaya IT.
 Perspektif Orientasi Masa Depan
Perspektif orientasi masa depan mengevaluasi keberhasilan IT dari pandangan perusahaan khususnya divisi IT itu sendiri yaitu proses kepemilikan, pelaksana dan pendukung tenaga ahli. Hal yang dibahas dalam  orientasi  masa  depan  yaitu  peningkatan  kemampuan perusahaan, keefektifan manajemen karyawan, perkembangan arsitektur IT perusahaan, dan penelitian terhadap teknologi-teknologi baru  yang  muncul.  Perspektif  ini  bertanggung  jawab  untuk menyiapkan personil IT dalam menghadapi tantangan masa depan.

Subscribe to receive free email updates: