Penentuan Faktor Strategi Internal
(IFAS)
Menurut
Rangkuti (2006, p24-25), setelah faktorfaktor
strategi internal suatu perusahaan
diidentifikasi, suatu tabel IFAS (Internal Strategic
Factor Analysis Summary)
disusun untuk merumuskan faktor-faktor strategis internal
tersebut dalam kerangka Strength and Weakness perusahaan.
Tabel
IFAS (Rangkuti, 2006, p25)
FAKTOR STRATEGI
INTERNAL
|
BOBOT
|
RATING
|
BOBOT X
RATING
|
KOMENTAR
|
KEKUATAN
|
|
|
|
|
Total
Kekuatan
|
|
|
|
|
KELEMAHAN
|
|
|
|
|
Total
Kelemahan
|
|
|
|
|
TOTAL IFAS
|
|
|
|
|
Tahapnya adalah:
a. Tentukan faktor-faktor yang menjadi kekuatan serta kelemahan perusahaan dalam kolom 1.
b. Beri bobot masing-masing faktor
tersebut dengan skala mulai dari 1,0 (paling penting) sampai 0,0 (tidak penting), berdasarkan pengaruh faktor-
faktor tersebut terhadap posisi strategis
perusahaan. (semua bobot tersebut
jumlahnya
tidak boleh melebihi skor total
1,00).
c. Hitung rating (dalam kolom 3) untuk masing-masing faktor dengan memberikan skala mulai dari 4 (outstanding) sampai dengan 1 (poor), berdasarkan pengaruh faktor
tersebut terhadap kondisi perusahaan
yang bersangkutan. Variabel yang bersifat positif (semua variabel yang masuk kategori kekuatan)
diberi nilai mulai
dari +1 sampai dengan +4 (sangat
baik) dengan membandingkannya dengan rata-rata industry atau dengan
pesaing utama. Sedangkan variabel yang bersifat negatif, kebalikannya.
Contohnya, jika kelemahan perusahaan besar sekali dibandingkan dengan rata-rata industri, nilainya adalah 1,
sedangkan jika kelemahan perusahaan dibawah rata-rata industri, nilainya adalah 4.