A. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan pada
penelitian ini sebagai berikut:
1. Kajian objek matematika yang bersifat
abstrak menyebabkan siswa harus berupaya untuk mempelajari dan memahami
pelajaran matematika secara intensif agar mendapatkan prestasi yang optimal
dalam belajar.
2. Siswa belum terbiasa menerapkan belajar
berdasarkan Self-Regulated Learning yang merupakan salah satu bentuk
upaya siswa dalam belajar dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisis,
motivasi dan perilaku aktif sehingga
berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa.
B. Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, maka dalam penelitian ini perlu adanya pembatasan masalah agar pengkajian masalah dalam penelitian ini dapat lebih terfokus dan terarah. Karena keterbatasan yang dimiliki peneliti baik dalam hal kemampuan, dana, waktu dan tenaga maka penelitian ini hanya membatasi masalah pada siswa belum terbiasa menerapkan belajar berdasarkan Self-Regulated Learning Self-Regulated Learning di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta.
C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi dan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan bagaimana pengaruh Self-Regulated Learning pada aspek metakognisi, motivasi dan perilaku siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta?
D. Tujuan Penelitian
B. Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, maka dalam penelitian ini perlu adanya pembatasan masalah agar pengkajian masalah dalam penelitian ini dapat lebih terfokus dan terarah. Karena keterbatasan yang dimiliki peneliti baik dalam hal kemampuan, dana, waktu dan tenaga maka penelitian ini hanya membatasi masalah pada siswa belum terbiasa menerapkan belajar berdasarkan Self-Regulated Learning Self-Regulated Learning di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta.
C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi dan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan bagaimana pengaruh Self-Regulated Learning pada aspek metakognisi, motivasi dan perilaku siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta?
D. Tujuan Penelitian
Setelah permasalah dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning pada aspek metakognisi, motivasi dan perilaku siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta.
E. Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian, maka dengan penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat atau kegunaan dalam pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagi guru
a.
Untuk memberikan gambaran peran guru sebagai motivator
dan fasilitator di dalam memberikan bimbingan kepada siswa dalam rangka
mewujudkan kemandirian belajar siswa
b.
Sebagai bahan acuan bagi guru untuk menentukan strategi
mengajar yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif
2.
Bagi peneliti, penelitian ini dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman dalam penulisan karya ilmiah
3. Bagi peneliti-peneliti lain, penelitian
ini sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian yang sejenis
di masa depan.