Penelitian yang Relevan
1.
Dalam
tesis Devi Ari Mariani (2007) yang berjudul Peran Belajar Berdasarkan
Regulasi Diri dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
Sekolah Menengah Atas yang menyatakan bahwa ada pengaruh belajar
berdasarkan regulasi diri ( Self-Regulated Laearning ) terhadap prestasi
belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 26,473 dengan
taraf signifikansi p< 0,001
2. Dalam tesis Marlia. F. Narulita (2005) yang berjudul Hubungan antara Self-Regulated Learning dan Persepsi Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik Mahasiswa yang menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi antara Self-Regulated Laearning dengan prestasi akademik mahasiswa adalah sebesar 0.325.
Kerangka Berpikir
Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dan berperan penting, baik dalam kehidupan akademis maupun kehidupan sehari-hari. Namun ternyata matematika dirasakan merupakan hal yang sulit oleh banyak orang, tidak hanya para siswa saja, selain karena objek kajian yang dipelajari oleh matematika abstrak (fakta, konsep, operasi, prinsip), namun juga pengertian konsep matematika sangat lemah dan belum bermakna bagi siswa.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa, termasuk di dalamnya faktor intern dan faktor ekstern. Faktor-faktor tersebut sering kali menjadi penghambat dan pendukung keberhasilan siswa. Self-Regulated Learning merupakan faktor intern yang terdapat dalam diri siswa yang dapat mendukung prestasi belajarnya.
Self-Regulated Learning merupakan faktor yang ada pada diri individu yang dianggap berperan dalam pada pencapaian prestasi belajar siswa yang optimal. Dengan menerapkan Self-Regulated Learning siswa akan mampu belajar dengan mandiri, aktif dalam melakukan aktivitas belajarnya, memiliki tujuan strategis dan keteguhan dalam belajar, dan memiliki kemampuan untuk mengevaluasi aktivitas belajarnya yang berkaitan dengan tujuan yang telah dibuat dalam belajar. Ini diperlukan dalam mempelajari matematika yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan pelajaran lainnya dan juga penting dalam kehidupan akademik maupun sehari-hari siswa.
Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Self-Regulated Learning memiliki peran dalam pencapaian hasil atau prestasi belajar yang optimal.