Pengertian Peran Pembelian

Peran Pembelian
Adalah mudah untuk mengidentifikasi pembeli berbagai produk. Meskipun demikian, pemasar harus hati-hati dalam menetapkan keputusan mengenai sasaran mereka, karena peran pembelian selalu berubah.

Kita dapat membedakan lima peran yang dimainkan orang dalam keputusan pembelian, yaitu :
1.      Pencetus ( initiator )
Adalah seseorang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli suatu produk atau jasa.

2.      Pemberi pengaruh ( influences )
Adalah seseorang yang pandangan atau sarannya mempengaruhi keputusan membeli suatu produk atau jasa.

3.      Pengambil keputusan ( deciders )
Adalah seseorang yang mengambil keputusan untuk setiap komponen keputusan pembelian, apakah membeli, tidak membeli, bagaimana membeli, dan dimana akan membeli.

4.      Pembeli ( buyers )
Adalah orang yang melakukan pembelian sesungguhnya terhadap  brang ataupun jasa.

5.      Pemakai ( user )
      Adalah orang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan.

Subscribe to receive free email updates: