Peran
Pembelian
Adalah
mudah untuk mengidentifikasi pembeli berbagai produk. Meskipun demikian,
pemasar harus hati-hati dalam menetapkan keputusan mengenai sasaran mereka,
karena peran pembelian selalu berubah.
Kita dapat membedakan lima peran yang dimainkan orang dalam keputusan pembelian, yaitu :
1.
Pencetus ( initiator )
Adalah seseorang
yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli suatu produk atau jasa.
2. Pemberi pengaruh ( influences )
Adalah seseorang
yang pandangan atau sarannya mempengaruhi keputusan membeli suatu produk atau
jasa.
3. Pengambil keputusan ( deciders )
Adalah seseorang
yang mengambil keputusan untuk setiap komponen keputusan pembelian, apakah membeli,
tidak membeli, bagaimana membeli, dan dimana akan membeli.
4. Pembeli ( buyers )
Adalah
orang yang melakukan pembelian sesungguhnya terhadap brang ataupun jasa.
5.
Pemakai ( user )
Adalah orang yang mengkonsumsi atau
menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan.