Strategi Bisnis
Menurut
Rangkuti (2006, p7), strategi bisnis
adalah strategi fungsional yang berorientasi pada fungsi-fungsi kegiatan
manajemen, misalnya strategi
pemasaran, strategi produksi atau operasional, strategi distribusi, strategi organisasi
dan strategi- strategi yang berhubungan dengan keuangan dari suatu bisnis.
Menurut Ward dan Peppard
(2002, p69), strategi
bisnis adalah sekumpulan
tindakan terintegrasi yang bertujuan untuk
mencapai tujuan jangka panjang dan kekuatan perusahaan untuk menghadapi
para pesaing. Suatu strategi
bisnis biasanya meliputi beberapa hal seperti berikut :
• Vission, pencapaian dari sebuah misi atau dapat diartikan sebagai
sebuah pandangan masa depan
dari sebuah bisnis yang menjadi tujuan umum sebuah perusahaan.
• Mission, adalah pernyataan yang memberikan arahan
tentang apa yang
akan dilakukan oleh sebuah perusahaan
dalam mencapai visinya.
• Business Driver, adalah beberapa faktor kritis pendorong
perubahan yang dapat memberikan
fokus
pada
bisnis
sehingga dapat
memenuhi
sasarannya.
• Objectives, adalah sasaran-sasaran yang ditetapkan dan harus dipenuhi oleh perusahaan dalam pencapaian visi perusahaan.
• Strategies, adalah kebijakan atau
tindakan langsung yang
dipilih perusahaan sebagai
alat untuk mencapai
tujuan dan memenuhi misinya.
• Critical Success
Factors (CSF),
adalah
beberapa
area
kunci
dimana sesuatu harus berjalan dengan baik
sehingga keberhasilan bisnis dapat dicapai.
• Business Area Plans, adalah perencanaan dari berbagai area bisnis yang
ada yang berkaitan dengan strategi bisnis perusahaan.