Pengertian Dasar Object-oriented programming
Bagi pemula
dalam pemrograman object-oriented harus
betul-betul memahami lima buah konsep, yaitu: class, object,
property, event, dan method/procedure.
Class à
adalah
kumpulan instruksi/informasi yang menunjukkan bagaimana sebuah object harus bekerja.
Object
à adalah sebuah bentuk
konkret dari suatu class. Contoh object dalam Visual
FoxPro adalah: command button, textbox, dll.
Setiap
object memiliki:
Property (karakteristik), misalnya: warna object (forecolor/backcolor), tulisan yang ditampilkan object tertentu (caption), serta apakah object tersebut tampak atau tidak waktu program dijalankan (visible).
Event, yaitu kejadian-kejadian yang terjadi atas object tertentu. Misalnya, waktu sebuah object dibuat/diciptakan (init), object tersebut diaktifkan (activate) dan waktu object itu di-click dengan mouse (click event)
Method/procedure adalah program khusus yang
terkait dengan suatu object tertentu.
Pengalamatan Object
Pada
prakteknya, dalam Object Oriented
Programming (OOP) kita harus sering mengalamati object. Misalnya, kita membuat instruksi di sebuah object (disebut current
object), untuk mengubah caption
dari suatu object lain menjadi
tulisan "ABC”.