Agar komunikasi massa mencapai efektivitas yang tinggi dalam melaksanakan kegiatannya menggunakan media massa, maka dalam buku karya Prof. Drs. H.A.W. Widjaja yang berjudul Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (2010:25) dijelaskan tentang karakteristik dari komunikasi massa, yaitu :
a.Bersifat simultan, adalah bahwa walaupun komunikan berada pada jarak satu sama lain terpisah, tetapi media massa mampu membina keserempakan kontak dengan komunikan dalam penyampaian pesannya.
b.Bersifat umum, adalah pesan yang disampaikan melalui media massa ditujukan kepada umum dan disamping itu juga mengenai kepentingan umum.
c.Komunikannya heterogen, sebagai konsekuensinya daripada penyebaran yang teramat luas maka komunikan dari komunikasi massa terdiri dari berbagai macam, inilah yang menjadikan komunikannya heterogen.
d.Berlangsung satu arah, adalh bahwa feedback yang terjadi adalah delayed feedback, berbeda dengan komunikasi tatap muka.
a.Bersifat simultan, adalah bahwa walaupun komunikan berada pada jarak satu sama lain terpisah, tetapi media massa mampu membina keserempakan kontak dengan komunikan dalam penyampaian pesannya.
b.Bersifat umum, adalah pesan yang disampaikan melalui media massa ditujukan kepada umum dan disamping itu juga mengenai kepentingan umum.
c.Komunikannya heterogen, sebagai konsekuensinya daripada penyebaran yang teramat luas maka komunikan dari komunikasi massa terdiri dari berbagai macam, inilah yang menjadikan komunikannya heterogen.
d.Berlangsung satu arah, adalh bahwa feedback yang terjadi adalah delayed feedback, berbeda dengan komunikasi tatap muka.