Promosi
ialah serangkaian kegiatan untuk mengkomunikasikan, memberi pengetahuan dan
meyakinkan orang tentang suatu produk agar ia mengakui kehebatan produk
tersebut, membeli dan memakai produk tersebut, juga mengikat pikiran dan
perasaanya dalam suatu wujud loyalitas terhadap produk (Suryadi, 2011: 8).
Menurut
Suryadi, promosi yang merupakan bagian dari pendekatan strategi marketing mix, juga menurunkan satu
himpunan strategi yang kemudian dikenal dengan promotion mix (Suryadi, 2011).
Suryadi
juga mengemukakan bahwa media promosi terbagi atas dua jenis, yaitu media yang
berjenis above the line atau lini atas dan
media jenis bellow the line
atau media lini bawah. Sebagian dari media lini atas ialah media massa cetak,
termasuk di dalamnya koran, majalah, tabloid, dan media cetak lainnya yang
diterbitkan secara berkala dan continue serta dibaca
oleh masa luas.
Di samping itu, radio dan televisi juga merupakan media lini
atas. Sedangkan bellow the line
memiliki varian media yang lebih luas dan lebih kreatif. Hal ini dikarenakan
media-media bellow the line menuntut
perhatian lebih banyak dari publik (Suryadi, 2011).