Model Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan pada subbab-subbab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan atas pengertian dari Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi, yaitu suatu proses analisis yang menyeluruh dan sistematis dalam merumuskan tujuan dan sasaran perusahaan serta menentukan strategi yang memanfaatkan keunggulan sistem informasi dan dukungan teknologi informasi dalam menunjang strategi bisnis dan memberikan perusahaan suatu keunggulan jangka panjang untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya. 

Model kerangka kerja dari perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi dapat dilihat pada Gambar  dan penjelasannnya adalah sebagai berikut: 
Model Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi  Informasi


a. Aktivitas Inputs : 

• Internal Business Environment, yaitu strategi bisnis yang lama atau saat ini, objek-objek bisnis, sumbernya, prosesnya, dan kebudayaannya serta nilai bisnisnya. 

• Eksternal Business Environment, yaitu meliputi ekonomi, industry dan persaingannya yang mempengaruhi operasional perusahaan. 

• Internal IS/IT Environment, yaitu SI/TI yang lama atau saat ini dalam bisnis, yang membantu jalannya bisnis dan merupakan salah satu skill dan sumber serta infrastruktur teknologi dalam perusahaan. 

• Eksternal IS/IT Environment, yaitu meliputi trend teknologi baru dan peluang penggunaan SI/TI yang lain, dan melihat SI/TI dari pelanggan dan pesaing. 


b. Proses perencanaan strategi SI/TI 

Proses dimana informasi yang diperoleh, serta hasil analisis yang diperoleh dari inputs, akan diolah untuk menghasilkan outputs. 

c. Aktivitas Outputs : 

• Business IS strategy, yaitu merupakan suatu strategi baru dari SI bisnis yang mungkin akan menghilangkan atau menambahkan beberapa unit atau fungsi bisnis yang telah ada. 

• IS/IT Management Strategy, yaitu meliputi elemen-elemen umum dari strategi yang dipakai pada keseluruhan perusahaan. 

• IT Strategy, merupakan strategi untuk mengelola teknologi dan sumber daya khusus yang berhubungan dengan TI. 

d. Future application portfolio 

Rincian yang menjelaskan usulan aplikasi yang akan digunakan perusahaan dalam waktu kedepan, untuk mengintegrasikan setiap unit dari perusahaan dan menyesuaikan perkembangan teknologi dengan perkembangan perusahaan. 

e. Current application portfolio 

Rincian mengenai aplikasi sistem informasi yang diterapkan diperusahaan saat ini, dengan melihat keuntungan dan kekuatan yang diperoleh dengan menggunakan aplikasi tersebut serta melihat dukungan aplikasi yang ada terhadap kegiatan operasional dan perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan dan pasar pada saat sekarang ini.

Subscribe to receive free email updates: