SUBSTANSI DASAR NEGARA

SUBSTANSI DASAR NEGARA
Sebuah dasar negara yang dikembangkan berdasarkan keyakinan tertentu tentang hakikat manusia. Sedangkan manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki dua dimensi, yaitu sebagai makhluk pribadi yang memililki kebebasan individual sekaligus makhluk social yang terikat ke dalam kebersamaan.

Ada pemikir dasar negara yang mengutamakan salah satu dari kedua dimensi manusia itu ada juga yang melihat sebagai sesuatu yang padu yang tidak bisa dipisahkan.

Substansi dasar negara dibagi menjadi empat yaitu Liberalisme, Sosialisme, Marxisme (komunisme) dan Pancasila. Namun dalam makalah ini kami hanya mengambil dua yaitu Liberalisme dan Sosialisme.

a.    Liberalisme
Dalam liberalisme manusia adalah makhluk yang bebas, rasional, dan mampu memperbaiki diri sendiri dan tidak dapat di ganggu gugat oleh siapa pun (Macridis,1986 ; Goodwin,1982) .

Kebebasan manusia adalah nilai utama dalam ajaran liberalisme. Bahkan kebebasan itu menjadi sarana bagi setiap individu dalam mengejar kepentingan mereka masing-masing.

·       Ajaran Moral Liberalisme

Dalam liberalisme mengandung prinsip-prinsip atau ajaran moral, politik, dan ekonomi yang mengatur kehidupan. Prinsip moral liberalisme adalah pengakuan atas hak-hak asasi manusia seperti hak kebebasan, hak kemuliaan, dan hak hidup manusia. Kekerasan terhadap manusia tidak dapat diterima kecuali dalam peperangan, yang dimaksudkan untuk mempertahankan kebebasan masyarakat itu sendiri. Liberalisme juga menjunjung tinggi toleransi. Masyarakat liberal bangga atas sikap toleransi mereka, dan sekaligus menentang penindasan terhadap pandangan-pandangan yang berbeda atau eksterm.

Liberalisme juga memandang manusia sebagai makhluk rasional. Manusia juga dilengkapi dengan pengetahuan tentang kepentingan itu secara rasional. Upaya mengejar kepentingan sendiri itu dapat menimbulkan kerja sama, atau persaingan dan perilaku agresif. Persaingan akan muncul apabila sumber-sumber daya yang terbatas tidak dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhan setiap orang. Sedangkan kerja sama akan terjadi jika sumber daya memang mencukupi untuk semua orang.

Pandangan bahwa manusia adalah makhluk yang bebas dan rasional melahirkan keyakinan bahwa pemerintahan suatu negara harus didasarkan pada persetujuan rakyat.

·       Ajaran Politik Liberalisme

Subscribe to receive free email updates: