STARTER LOMPAT BATERAI

STARTER LOMPAT 

Penstarteran lompat (menghubungkan sebuah baterai yang hidup dengan baterai mati pada kendaraan dengan menggunakan kabel jumper dapat membahayakan. Untuk itu, perhatikan langkah-langkah dalam menanganinya. 

1. Penstarteran lompat dengan menggunakan baterai pemancing 

Apabila baterai mengalami kekosongan dan mengakibatkan enjin tidak dapat hidup, enjin tersebut dapat dihidupkan dengan menggunakan baterai pemancing. 
STARTER LOMPAT BATERAI

Baterai pemancing adalah sebuah baterai tambahan dengan tegangan yang sama, muatan yang sesuai, kemudian dihubungkan terhadap kendaraan yang baterainya mengalami kekosongan dengan menggunakan kabel jumper. 

Terminal kabel positif baterai pemancing harus dihubungkan dengan kabel jumper ke terminal positif baterai yang kosong. Hubungkan terminal negatif baterai pemancing dengan kebel jumper lainnya ke salah satu baut atau logam lainnya pada enjin kendaraan yang akan dipancing. Jangan menghubungkan ke saluran bahan bakar, karburator dan sejenisnya. 


2. Langkah – langkah dalam memancing penstarteran 

Pastikan seluruh keselamatan sudah dilakukan, lanjutkan dengan langkah – langkah sebagai berikut. 

Matikan semua saklar pada kedua kendaraan. Pastikan keduanya tidak saling bersentuhan. Pertama, hubungkan salah satu jepit jumper ke terminal positif baterai pemancing. Kedua, hubungkan ujung sebelahnya ke terminal positif baterai yang mati. Ketiga, hubungkan lagi kabel jumper lain ke terminal negatif baterai pemancing. Keempat, jepitkan ujung kabel terakhir tadi ke enjin kendaraan yang akan dipancing. 

Hidupkan enjin pada baterai pemancing (beban kelistrikan dimatikan pada kedua kendaraan) dan hidupkan untuk beberapa menit. Hidupkan kendaraan yang dipancing. Setelah hidup, lepaskan kabel jumper dengan cara yang terbalik, jumper negatif dari enjin kendaraan dan kemudiaan dari terminal negatif pemancing, positif jumper dari baterai yang kosong dan terakhir dari pemancing. Jangan saling menyentuh antar kabel selama melakukan pemancingan. 

Subscribe to receive free email updates: