Tugas Seorang Back Office (BO) di Bank

Tugas Seorang Back Office (BO) di Bank - Berikut ini adalah perbedaan antara Front Office dan Back Office disalahsatu bank, adapun perbedaannya adalah front office merupakan bagian pekerjaan di bank yg berhubungan langsung dengan produk perbankan yg diberikan ke customer. baik dalam bentuk pelayanan maupun direct selling. 
Sedangkan back office biasanya berasal dari bidang pendidikan maupun yg sudah pengalaman dengan administrasi laporan keuangan maupun entri data dari bagian front office. itulah beberapa perbedaan mendasar antara fornt dan back office bank. simak dan pelajari juga selengkapnya jenis peluang kerja yg berhubungan bahkan mulai dari dasar pengertian bank sampai dengan kiat tes seperti psikotes psikometri yg biasa di gunakan pada opening maupun non-opening recruitment bank. selamat bekerja dan beraktifitas.. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif.

Untuk  Jenis pekerjaan perbankan lainnya dan apa tugas mereka, bisa anda lihat di bawah ini :

1. Fronliner / Customer Service
Customer service merupakan orang yang memiliki job desk untuk memberi informasi serta pelayanan bagi nasabah yang ingin membuka rekening, menanggapi komplain nasabah serta menginput data-data nasabah.

2. Teller
Teller memiliki job desk melayani setoran/penarikan transaksi nasabah di Bank. Sebagai Teller harus memiliki ketelitian yang tinggi karena ini menyangkut dana orang banyak, sehingga jangan sampai ada selisih di penghitungan akhir hari. Jikalaupun ada selisih penghitungan, hal itu akan dibebankan pada Teller.
3. Back Office
Di posisi Back Office ada petugas devisa yang memiliki tugas dalam pengurusan dokumen yang berkaitan dengan transaksi nasabah. Untuk back office ini dalam pengerjaan pembuatan produk bank seperti cek/giro membutuhkan waktu serta dokumen ekstra, sehingga jenis pekerjaan ini bukan pekerjaan yang tugasnya bisa selesai dalam satu hari. 

4. Marketing
Banyak yang memandang pekerjaan marketing dengan sebelah mata, karena selalu dikaitkan dengan sales penjualan yang gajinya kecil. Akan tetapi, justru pekerjaan seorang marketing ini paling diperhatikan oleh Bank karena menyangkut kinerja bank. Ada dua jenis marketing, yaitu Landing (kredit) dan Funding (simpanan).

Untuk marketing kredit biasanya disebut Account Officer (AO) yang bertugas untuk menganalisa, serta memiliki intuisi yang bagus dalam operasional kegiatan usaha serta penilaian agunan (appraisal) karena posisi ini adalah paling riskan karena berkaitan dengan kredit yang mana bila kredit itu macet maka harus menerima konsekuensi dari pihak bank seperti pemecatan.

Untuk marketing simpanan biasanya disebut Funding Officer (FO) yang mana posisi ini adalah perpanjangan tangan dari Customer Service. Apabila Customer Service bertugas di kantor maka Funding Officer bertugas di lapangan. Tugas FO ini adalah mengakuisisi calon nasabah yang hendak menabung, membuka deposito atau giro. Tugas FO ini nantinya harus me-maintenance transaksi nasabah, membuat konsep, serta menjadi event organizer untuk pembuatan program yang mampu menarik para calon nasabah.

5. Collector
Tugas dari posisi ini adalah untuk menagih hutang para nasabah yang memiliki kredit dan menunggak pembayaran.

6. General Affair
Untuk posisi general affair ini tugasnya mengurusi fisik atm, kartu nama, brosur, fisik bangunan, absensi karyawan, serta vendor outsourcing.

7. Ekspedisi / Messenger
Tugas dari posisi ekspedisi ini adalah menjadi kurir surat dan fotocopy, mengurusi kliring. Untuk bekerja pada bagian ekspedisi / messenger ini biasanya dicari dari lulusan SMA.

8. Human Resource Department
Human Resource Department (HRD) atau bagian personalia bisa dikatakan nyawa untuk perusahaan dikarenakan memiliki otoritas tinggi serta dominan dalam hal manajerial perusahaan untuk mengambil kebijakan untuk para karyawannya.

9. Risk Management
Tugas dari Risk Management ini adalah mengelola segala risiko dalam bank, baik itu risiko operasioal, risiko pembiayaan, risiko likuiditas, risiko strategik, risilo hukum, risiko pasar, risiko kepatuhan, dan risiko reputasi.

Demikian jenis-jenis pekerjaan di dunia bank, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.

Subscribe to receive free email updates: