Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Web

Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Web - Web merupakan kumpulan halaman – halaman untuk menginformasikan sesuatu dalam internet yang dapat berisi teks, gambar, animasi, suara, vidoe dan lainnnya. Dalam membangun sebuah web dikenal dengan pemrograman web dikelornpokkan menjadi 2 kelompok, yaitu :

a. Client Side : Informasi yang disampaikan akan langsung dieksekusi browser pada client. Contoh: HTML, Javaskrip dan lainnya.

b. Server Side : Informasi yang dikirim akan dieksekusi di web server sebelum disampaikan ke browser pada client. Contoh: PHP, ASP, JSP dan lainnya.

Aplikasi web diperlihatkan pada gambar. Klien berinteraksi dengan web server. Secara internal, web server berkomunikasi dengan middleware, dan middleware inilah yang berhubungan dengan basis data (database).

Middleware pada gambar tersebut merupakan perangkat lunak yang bekerja sama dengan web server dan berfungsi menerjemahkan kode – kode tertentu, menjalankan kode – kode tersebut dan memungkinkan berinteraksi dengan basis data. PHP, ASP, dan Perl adalah beberapa contoh middleware. Browser atau web browser adalah perangkat lunak di sisi klien yang digunakan untuk mengakses informasi web. Biasanya yang diterima dari web server dalam bentuk HTML. Contohnya: Internet Explorer, Netscape, dan Mozilla, dll.

Tanpa mengetahui dasar – dasarnya HTML seorang programmer web (lazim disebut web master) tidak akan memperoleh hasil yang maksimal, sebab walaupun software – software tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek. Terdapat beberapa HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat alau mendesain halaman web), contohnya Micromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Web"

  1. tulisan yang anda buat sangat menarik, aku punya link juga tentang topik yang kamu bahas, kamu bisa kunjungi aku di
    http://repository.gunadarma.ac.id80/bitstream/123456789/1119/1/11107904.pdf

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar