Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah penggunaan saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran (Kotler, 2009: 405).
Pemasar langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan dan pelanggan perorangan, seperti surat langsung, pemasaran katalog, telemarketing, TV interaktif, kios, situs Web, dan peralatan bergerak (mobile).
Menurut Kotler dan Keller direct marketing mempunyai banyak bentuk – melalui telepon, online, dan secara pribadi. Mereka berbagi tiga karakter berbeda. Pesan direct marketing adalah (2009: 192):
1)        Penyesuaian (Customize): Pesan dapat disiapkan untuk menarik individu yang dibidik.
2)        Terkini (Up to date): Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat.
3)        Interaktif (Interactive): Pesan dapat diubah tergantung pada respon pelanggan

Subscribe to receive free email updates: