Pemasaran Langsung (Direct Marketing)
Pemasaran
langsung (direct marketing) adalah penggunaan
saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa
kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran (Kotler, 2009: 405).
Pemasar
langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan
dan pelanggan perorangan, seperti surat langsung, pemasaran katalog,
telemarketing, TV interaktif, kios, situs Web, dan peralatan bergerak (mobile).
Menurut
Kotler dan Keller direct marketing
mempunyai banyak bentuk – melalui telepon, online, dan secara pribadi. Mereka
berbagi tiga karakter berbeda. Pesan direct marketing
adalah (2009: 192):
1)
Penyesuaian (Customize):
Pesan dapat disiapkan untuk menarik individu yang dibidik.
2)
Terkini (Up to date):
Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat.
3)
Interaktif (Interactive): Pesan dapat diubah
tergantung pada respon pelanggan