Macam-Macam Demokrasi

Macam-Macam Demokrasi - Demokrasi sangat penting bagi Negara kita, dan seperti yang kita ketahui demokrasi ada bermacam-macam. Jadi, tanpa demokrasi manusia tidak akan memilih dan memutuskan suatu pendapat dan penyelesaian suatu masalah secara bersamaan.

Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata demos dan kratos. Demos berarti rakyat, sedangkan kratos atau kratein berarti pemerintahan. Jadi pengertian atau definisi demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat untuk rakyat atau pemerintahan untuk mereka yang diperintah.

Pada awal perkembangannya, paham demokrasi telah meliputi beberapa asas dan nilai yang diwariskan kepada masyarakat dari masa yang lampau. Nilai-nilai tersebut berupa gagasan mengenai demokrasi dari kebudayaan Yunani Kuno dan gagasan kebebasan beragama yang dihasilkan oleh aliran reformasi yang berkembang di negara-negara Barat.
Secara resmi, demokrasi sudah dijadikan dasar bagi kebanyakan pemerintahan negara-negara di dunia. Namun dalam perwujudannya, terdapat bermacam-macam jenis demokrasi menurut kondisi dalam negeri negara yang bersangkutan. Jenis-jenis demokrasi yang ada di dunia saat ini adalah:

a) Menurut cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dibedakan atas :
Demokrasi Langsung Adalah : Demokrasi yang mengikutsertakan setiap negaranya dan permusyawaratan untuk menentukan setiap kebijakan-kebijakan umum.

Demokrasi Tidak Langsung Adalah : Demokrasi secara tidak langsung diadakannya suatu system pemerintah atau demokrasi secara tidak dilaksanakannya melalui system melainkan melalui umum.

b) Menurut dasar prinsip ideologi, demokrasi dibedakan atas :
Demokrasi Konstitusional (Demokrasi Liberal) Adalah : Ciri khas demokrasi konstitusional adalah gagasan bahwa pemerintahan yang demokratis adalah pemerintah yang terbatas kekuasaannya dan tidak dibenarkan bertindak sewenang-wenang terhadap warga negaranya. Pembatasan itu termaktub dalam sebuah konstitusi.

Demokrasi Rakyat (Demokrasi Proletar) Adalah : Demokrasi proletar dgn kata lain berarti : diktatur proletar adalah satu instrument dari sistem sosialisme , demokrasi yg asli dan untuk pembebasan : “persamaan hak dan satu demokrasi yg tidak hanya dalam kertas, tetapi didalam penghidupan yg real, bukan hanya suatu phrase politik” /(Lenin, book 30, page 40).

Demokrasi proletar adalah satu bentuk negara yg pertama, dimana bukan minoritas menindas mayoritas, tetapi sebaliknya. Ini adalah suatu bentuk demokrasi tertinggi didalam masyarakat yg berkelas. Demokrasi proletar hanya bisa dijalankan didalam sistem masyarakat sosialisme, selama bentuk2 kelas masih berada, dimana perjuangan kelas masih bergolak.

c) Menurut dasar yang menjadi titik perhatian atau prioritasnya, demokrasi dibedakan atas :

Demokrasi Formal Adalah : Demokrasi formal => kesempatan untuk memilih pemerintahannya dengan teratur dimana ada aturan yang mengatur pemilu dalam hal ini pemerintahlah yang mengatur pemilu dengan memperhatikan proses hukumnya.

Demokrasi Material Adalah : Corak pemerintahan yang menjamin kemerdekaan dan persamaan, msl kemerdekaan berpikir dan mengeluarkan pendapat, kemerdekaan berapat dan berkumpul, kemerdekaan mengatur diri sendiri yang dilandasi corak pemerintahan.

Demokrasi Campuran Adalah : Demokrasi yang didalamnya terdapat gabungan dua sisitem unsur yang berbeda yaitu konsep demokrasi formal dan konsep demokrasi material.

d) Menurut dasar wewenang dan hubungan antara alat kelengkapan negara, demokrasi dibedakan atas :
Demokrasi Sistem Parlementer Adalah : adalah suatu demokrasi yang menempatkan kedudukan badan legislatif lebih tinggi dari pada badan eksekutif. Kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Perdana menteri dan menteri-menteri dalam kabinet diangkat dan diberhentikan oleh parlemen. Dalam demokrasi parlementer Presiden menjabat sebagai kepala negara.

Demokrasi Sistem Presidensial Adalah : Demokrasi yang mana Kekuasan eksekutif diangkat berdasarkan demokrasi rakyat dan dipilih langsung oleh mereka atau melalui badan perwakilan rakyat.

Prinsip-Prinsip Demokrasi Sebagai berikut :
  1. Keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan politik.
  2. Tingkat persamaan (kesetaraan) tertentu antara warga negara.
  3. Tingkat kebebasan atau kemerdekaan tertentu yang diakui dan dipakai oleh para warga negara.
  4. Penghormatan terhadap supremasi hukum.
Prinsip demokrasi yang didasarkan pada konsep di atas (rule of law), antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak adanya kekuasaan yang sewenang-wenang;
  2. Kedudukan yang sama dalam hukum;
  3. Terjaminnya hak asasi manusia oleh undang-undang

Inu Kencana Syafiie merinci prinsip-prinsip demokrasi sebagai berikut, yaitu ; adanya pembagian kekuasaan, pemilihan umum yang bebas, manajemen yang terbuka, kebebasan individu, peradilan yang bebas, pengakuan hak minoritas, pemerintahan yang berdasarkan hukum, pers yang bebas, beberapa partai politik, konsensus, persetujuan, pemerintahan yang konstitusional, ketentuan tentang pendemokrasian, pengawasan terhadap administrasi negara, perlindungan hak asasi, pemerintah yang mayoritas, persaingan keahlian, adanya mekanisme politik, kebebasan kebijaksanaan negara, dan adanya pemerintah yang mengutamakan musyawarah.

PRINSIP-PRINSIP DEMOKRASI PANCASILA

Ahmad Sanusi mengutarakan 10 pilar demokrasi konstitusional Indonesia menurut Pancasila dan Undang-indang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang sebagai berikut:
  1. Demokrasi yang Berketuhanan Yang maha Esa
  2. Demokrasi dengan kecerdasan
  3. Demokrasi yang berkedaulatan rakyat
  4. Demokrasi dengan rule of law
  5. Demokrasi dengan pemisahan kekuasaan Negara
  6. Demokrasi dengan hak asasi manusia
  7. Demokrasi dengan pengadilan yang merdeka
  8. Demokrasi dengan otonomi daerah
  9. Demokrasi dengan kemakmuran
  10. Demokrasi yang berkeadilan social
Demokrasi Pancasila mendasarkan diri pada faham kekeluargaan dan Kegotong-royongan yang ditujukan untuk:
  1. Kesejahteraan rakyat
  2. Mendukung unsur-unsur kesadaran hak ber-ketuhanan Yang Maha Esa
  3. Menolak atheisme
  4. Menegakkan kebenaran yang berdasarkan kepada budi pekerti yang luhur
  5. Mengembangkan kepribadian Indonesia
  6. Menciptakan keseimbangan perikehidupan individu dan masyarakat, kasmani dan rohani, lahir dan bathin, hubungan manusia dengan sesamanya dan hubungan manusia dengan Tuhannya.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Macam-Macam Demokrasi"

  1. Anonymous4:09 pm

    mnurutku, demokrasi lgsg itu adla demokrasi yang sluruh anggota masyarakatnye terlibat dlm suatu pmerintahan. klo tak lgsg itu demokrasi perwalian dimana masyarakatnya diwakili oleh beberapa orang yang ada dlm pemerintahan dan dpilih langsung oleh rakyat. isn't it ?

    ReplyDelete
  2. bgus tpi,,,
    di tmbahi lgi ya,,, agar jelas

    ReplyDelete
  3. saya merasa bahwa itu semua benar

    ReplyDelete
  4. Macam-macam Demokrasi ada dua ya ?

    ReplyDelete
  5. Anonymous9:21 pm

    kok . . . gag lengkp sichhhhhhhhhh?????????????

    ReplyDelete
  6. Anonymous8:39 pm

    numpang copas
    makasi

    ReplyDelete
  7. kritik.
    macam-macam demokrasi itu kan 2.
    tapi intinya emang seperti itu.
    langsung dan tidak langsung, tapi saran saya lebih di detail lagi.
    kaya demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, demokrasi pancasila .

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkungjung, Silahkan Tinggalkan Komentar