KONSTURKSI BATERAI

KONSTURKSI BATERAI
Wadah baterai terbuat dari plastik cetak. Plat-platnya disatukan untuk dibentuk menjadi kelompok plat. Untuk dijadikan sel baterai, kelompok plat positif disusun dengan kelompok plat negatif. Suatu separator (pembatas) yang bersifat porous (keropos) ditempatkan diantara kedua plat tersebut. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai terjadi persentuhan antara plat positif dengan plat negatif selama elektrolit tersebut bersirkulasi di antara kedua plat.
KONSTURKSI BATERAI

Rakitan bagian plat dan separator dinamakan elemen. Elemen tersebut dimasukkan ke dalam wadah baterai untuk membentuk sel. Konektor timbal dipasang secara seri pada setiap sel ke terminal sel. Sebuah penutup dari bahan plastik digunakan untuk menutup bagian atas baterai tersebut. Pada sebagaian baterai dibuat lubang untuk pengisian air dan ditutup lagi dengan sumbat pengisi atau penutup ventilasi, sedangkan pada jenis baterai bebas perawatan tidak terdapat penutup ventilasi.

Penempatan terminalnya ada yang di atas baterai. Di sini terdapat dua terminal utama atau tonggak pada penutupnya, biasanya tonggak terminal positif  tersebut lebih besar, jenis yang lainnya ialah baterai terminal sisi. Disebut demikian karena terminalnya dipasang disisi baterai.

Subscribe to receive free email updates: