CARA KERJA BATERAI

CARA KERJA BATERAI
Baterai berfungsi sebagai pemasok arus listrik untuk mengoperasikan motor strarter dan sistem pengapian pada saat awal mesin mulai dihidupkan. Baterai ini juga berfungsi sebagai stabilizer dalam memasok arus ke lampu-lampu, radio, dan asesoris kelistrikan lainnya pada saat alternator tidak mampu menyediakan arus untuk melayani beban. 

Selain hal tersebut, baterai juga memasok arus dalam jumlah yang sedikit ke memori pada komputer mesin pada saat kunci kontak dalam keadaan OFF.


Baterai merupakan peranti elektrokimia yang menggunakan bahan kimia untuk menghasilkan kelistrikan. Jumlah listrik yang dihasilkan dari baterai tersebut sangat terbatas. Pada saat larutan kimia di dalam baterai tersebut kosong, baterai tersebut telah kurang energi listriknya atau habis. 

Kemudian baterai tersebut dapat diisi kembali dengan menggunakan arus listrik dari generator kendaraan atau alternator, atau dari alat pengisi baterai (battery charger). Pengisian kembali akan menjadikan larutan kimia tersebut kembali ke keadaan semula.

Subscribe to receive free email updates: