Lima Kekuatan Bersaing Porter

Lima Kekuatan Bersaing Porter
Menurut  Porter  (1998,p3),  persaingan  dalam  satu  industri  tergantung pada lima kekuatan bersaing. Kumpulan kekuatan-kekuatan ini menentukan potensi profit dalam industri yang diukur berdasarkan pengembalian jangka panjang terhadap modal yang diinvestasikan.
Lima kekuatan persaingan yang meliputi masuknya pendatang baru, ancaman produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pembeli, kekuatan tawar- menawar pemasok, serta persaingan konvensional diantara para pesaing yang ada merefleksikan  kenyataan  bahwa  persaingan  dalam suatu  industri  tidak  hanya terbatas pada pemain konvensional yang ada. Pelanggan, pemasok, produk pengganti, serta pendatng baru potensial semuanya merupakan “pesaing” bagi perusahaan-perusahaan dalam industri.
Kelima kekuatan persaingan tersebut secara bersama-sama menentukan intensitas persaingan dan kemampulabaan dalam industri, dan kekuatan yang paling besar akan sangat menentukan serta menjadi sesuatu yang sangat penting dari sudut pandang perumusan strategi.

Subscribe to receive free email updates: