Ancaman Produk
Pengganti
Menurut
Porter (1998,p21), Ancaman dari produk pengganti
akan kuat bila konsumen dihadapkan pada sedikitnya switching
cost dan jika produk subtitusi tersebut mempunyai harga yang lebih murah atau kualitasnya sama bahkan lebih tinggi dari produk-produk suatu industri.
Produk pemngganti perlu mendapatkan perhatian besar adalah produk-
produk yang :
• Mempunyai kecenderungan untuk memiliki harga / prestasi yang lebih baik ketimbang produk industri
• Dihasilkan oleh industri yang berlaba tinggi
Dalam
hal yang terakhir, produk pengganti
sering kali dengan cepat ikut berperan jika terjadi perkembangan tertentu yang meningkatkan persaiangan dalam industrinya sendiri dan menyebabkan penurunan harga / peningkatakn prestasi.
Analisis terhadap kecenderungan
seperti itu dapat menjadi penting
dalam memutuskan apakan akan mencoba
untuk menghadang produk pengganti
secara strategis / merencanakan strategis dengan menganggap produk pengganti sebagai
kekuatan pesaing yang tak terhindarkan.