Ancaman Produk Pengganti

Ancaman Produk Pengganti
Menurut Porter (1998,p21), Ancaman dari produk pengganti akan kuat bila konsumen dihadapkan pada sedikitnya switching cost dan jika produk subtitusi tersebut mempunyai harga yang lebih murah atau kualitasnya sama bahkan lebih tinggi dari produk-produk suatu industri.

Produk pemngganti perlu mendapatkan perhatian besar adalah produk- produk yang :
Mempunyai kecenderungan untuk memiliki harga / prestasi yang lebih baik ketimbang produk industri
Dihasilkan oleh industri yang berlaba tinggi

Dalam hal yang terakhir, produk pengganti sering kali dengan cepat ikut berperan jika terjadi perkembangan tertentu yang meningkatkan persaiangan dalam industrinya sendiri dan menyebabkan penurunan harga / peningkatakn prestasi. Analisis terhadap kecenderungan seperti itu dapat menjadi penting dalam memutuskan apakan akan mencoba untuk menghadang produk pengganti secara strategis / merencanakan strategis dengan menganggap produk pengganti sebagai kekuatan pesaing yang tak terhindarkan.

Subscribe to receive free email updates: