Matriks Internal Factor Evaluation (IFE)

Matriks Internal Factor Evaluation (IFE)
Matriks IFE digunakan untuk mengetahui faktor-faktor internal perusahaan berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang dianggap penting. Data dan informasi aspek internal perusahaan dapat digali dari beberapa fungsional perusahaan misalnya dari aspek manajemen, keuangan, SDM, pemasaran, sistem informasi dan produksi/operasi.

Tahapan kerja
Pada prinsipnya, tahanan kerja pada matriks IFE sama dengan matriks EFE.
a. Buatlah daftar critical success factors untuk aspek internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness)

b.  Tentukan  bobot  (weights)  dari  critical  success factors tadi  dengan skala yang lebih tinggi bagi yang berprestasi tinggi dan begitu pula sebaliknya. Jumlah seluruh bobot harus sebesar 1,0. Nilai bobot dicari dan dihitung berdasarkan rata-rata industrinya.

c. Tentukan rating setiap critical success factors antara 1 sampai 4, di mana                         :
1 = di bawah rata-rata,
2 = rata-rata,
3 = di atas rata-rata,
4 = sangat bagus,

Jadi,   rating   mengacu   pada   kondisi   perusahaan.   Sedangkan   bobot mengacu pada industri di mana perusahaan berada.

d.  Kalikan  nilai  bobot  dengan  nilai rating  dari  masing-masing  faktor untuk menentukan nilai skornya.

e. Jumlahkan semua skor untuk mendapatkan skor total bagi perusahaan yang dinilai. Skor total 2,5 menandakan bahwa perusahaan secara internal, perusahaan adalah lemah, sedangkan nilai yang berada diatas 2,5 menunjukkan posisi internal yang kuat. Seperti halnya pada matriks EFE, matriks IFE terdiri dari cukup banyak faktor. Jumlah faktor-faktornya tidak berdampak pada jumlah bobot karena ia selalu berjumlah 1,0.

Subscribe to receive free email updates: