Beberapa object Umum Visual Foxpro

Beberapa object Umum
FORM
Form adalah object utama yang otomatis dibuat oleh Visual FoxPro pada waktu pengetikan perintah MODIFY FORM. FORM dapat mengandung semua object yang lain, kecuali formset yang lebih luas karena sebuah formset dapat mengandung beberapa form.

Property  khusus:
MaxButton,   MinButton,   ControlBox:   menentukan apakah tombol maximize, minimize, dan control MenuBox ditampilkan atau tidak.
WindowSlate:   menentukan   ukuran   form   tersebut   waktu   program dijalankan.

LABEL
Sesuai dengan namanya, object yang biasanya menampilkan teks tertentu seperti: judul, keterangan, dan Iain-Iain. Label tidak memiliki data source, tidak dapat diedit secara Iangsung, tidak dapat di-click atau ditab.

TEXT BOX
Textbox   dipergunakan   untuk   mengisikan   input   yang   tidak   dapat ditentukan sebelumnya. Jika Value tidak diberi nilai awal, maka isi textbox dianggap character, sedangkan jika diberi nilai awal berupa angka, maka angka dianggap numeric.

Property khusus:
ControlSource: menentukan field dan table mana yang merupakan sumber data textbox yang bersangkutan.
lnputMask: menentukan karakter apa yang dapat diketikkan ke dalam textbox tersebut.
X à semua karakter dapat diisikan
9 à angka dan tanda (+/) dapat diisikan
# à angka, tanda, dan blank dapat diisikan
Y à membatasi pengisian hanya bisa Y dan N
$ dan £$ à menambahkan tanda currency
*à tempat kosong akan diisi tanda bintang/asterik
. à menunjukkan jumlah desimal yang dikehendaki
, à membubuhkan pemisah ribuan
Format: menentukan bagaimana karakter yang merupakan value dari textbox itu akan ditampilkan.
Aà hanya menerima huruf (spasi & tanda baca tidak diterima)
Dà menggunakan format date dengan SET DATE
E à mengedit data jenis Date sebagai British
Kà menyeleksi textbox waktu kursor dipindahkan ke textbox
L à mengisi semua tempat kosong dengan nol
M à memberikan pilihan dalam InputMask
! à mengubah huruf kecil menjadi huruf besar
PasswordChar: menentukan karakter apa yang akan ditampilan waktu user mengisikan password.

EDIT BOX
Edit Box berguna untuk dipakai mengisi/mengedit/menampilkan field memo atau field character yang sangat panjang.
Property khusus:
ControlSource. lsikan nama table (file DBF) dan nama field yang terkait dengan edit box tersebut.

Readonly: menentukan apakah user diperbolehkan mengubah teks yang ada di text box.
Scrollbars: apakah textbox akan diberi scroll bar atau tidak.
   

COMMAND BUTTON
Merupakan object yang paling penting dan paling sering digunakan, sebab biasanya dipakai untuk memerintahkan kepada program untuk melakukan suatu proses. Event khusus: click


COMMAND GROUP
Kadang-kadang memberikan kemudahan, yaitu membuat sekelompok command button sekaligus dimana procedure untuk click event-nya dapat dibuat sekaligus pula pada command button group. Contohnya:
RELEASE THIS FORM (untuk keluar dari form tersebut)
Event khusus: Click
Property khusus:
Button count, menyatakan berapa tombol yang terdapat di dalam group



OPTION GROUP
Option Button Group merupakan sebuah container yang mengandung beberapa Option Buttons: Object ini biasanya untuk memaksa user agar hanya dapat memilih satu dari sejumlah pilihan.
Property khusus:
ButtonCount: menentukan berapa pilihan di dalam group
Value: menentukan option mana yang telah terpilih (option pertama=1, kedua=2, dst)

CHECKBOX
Berbeda   dengan   Option   Group   biasanya   sebuah   program   aplikasi menampilkan sekelompok check box di mana user dapat memilih salah satu atau  beberapa dari pilihan yang diajukan. Namun demikian, masing-masing checkbox hanya dapat berstatus .T. atau .F. atau NULL. Apabila sebuah checkbox dikaitkan dengan sebuah field logical, maka jika sebuah record adalah .T. akan diberi tanda X, sedangkan jika .F. akan dikosongkan.

Property khusus:
Value: menyatakan status dari pada checkbox
Control Source: keterkaitan checkbox dengan sebuah field tertentu.

COMBO BOX

Combo box merupakan kombinasi daripada sebuah list box dan text box. Ada dua jenis combo box: Dropdown Combo dan Dropdown List.

Property khusus:

Control Source: menentukan tabel (file DBF) yang merupakan sumber dari mana pilihan diperoleh.
 RowSourceType: menentukan jenis input yang diharapkan.
0 - None
1  - Value (pilihan ditulis Iangsung diproperti ini)
2 - Table (pilihan diperoleh dari Table (file DBF)
3 - SQL Statement (pilihan diperoleh dari rumus SQL query)
4 - QPR (pilihan diperoleh dari file OPR)
5 - Array (pilihan diperoleh dari variable array)
6 - Fields (pilihan diperoleh dari fields tertentu)
RowSource: menentukan secara spesifik sumber dari pilihan-pilihan yang ada Hal ini harus sesuai dengan RowSourceType.

Style: memilih antara Dropdown Combo dan Dropdown List.

LIST BOX
Mirip dengan ComboBox,sebuah List Box biasa dipakai untuk menampilkan sebuah daftar pilihan.

Property Khusus:
ColumnCount: menentukan jumlah kolom di dalam List Box.

ColumnWidths: menentukan lebar masing-masing kolom di dalam Listbox. Contoh penulisan: 25,100,50 artinya kolom pertama lebamya 25, kolom kedua 100, dan ketiga lebamya 50.

ControlSource: menunjukkan dimana nilai yang terkandung di dalam ListBox disimpan.
RowSource & RowSourceType: lihat penjelasan ComboBox.

SPINNER
Spinner biasanya dipakai untuk membuat pilihan numeric atas sederetan
nilai. Pengisian spinner dapat langsung diketikkan, dan dapat juga dengan meng-click mouse pada tanda panah di sebelah kanan spinner.


Property khusus:
KeyboardHighValue&KeyboardLowValue: menentukan nilai terbesar dan terkecil yang dapat diisikan melalui keyboard.

SpinnerHighValue&SpinnerLowValue: menentukan nilai terbesar dan terkecil yang dapat diisikan dengan meng-click mouse.

Interval: berapa nilai yang 'diloncat' setiap kali user menekan tombol mouse.

GRID
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, sebuah Grid dapat mengandung beberapa Columns dan Headers. Masing-masing grid, column dan header merupakan object tersendiri.
Property khusus:

ColoumnCount: menentukan berapa banyak column yang terdapat di dalam grid. (Jika diisi -1, maka jumlah column otomatis sama banyaknya dengan jumlah field dari tabel (file DBF) yang terasosisi dengan Grid tersebut).

Recordsource & RecordSourceType: hal ini sama dengan Row Source dan RowSourceType pada combo box.
CATATAN: untuk mengubah lebar setiap kolom. Letakkan mouse cursor pada batas diantara dua header sampai bentuk cursor berubah, lalu click and drag.

IMAGE
Dipakai untuk menampilkan sebuah gambar (file .BMP) pada form.
Property khusus:
Picture: disini disebutkan nama file gambar (.BMP) yang harus ditampilkan.

TIMER

Timer adalah suatu objek yang khas, karena pada saat runtime (program dijalankan), objek ini tidak akan terlihat. Yang terasa hanyalah pengaruhnya  atas jalannya  program. Timer akan melakukan sebuah procedure tertentu secara berulang-ulang setiap kali sejumlah waktu telah berlalu.

Event    khusus:    Timer.    Ini    adalah    event   yang   harus    dibuatkan procedurenya, dimana kita memberikan perintah-perintah kepada program, apa yang harus dilakukan timer setiap kali interval waktu itu telah lewat.

Property khusus:
Interval: lamanya objek Timer harus menunggu sebelum melakukan suatu proses. Satuan interval yang dipergunakan adalah milisecond. Misalnya, jika interval   ditentukan 500, maka berarti Timer akan mengulang kegiatannya setiap setengah detik sekali.


PAGEFRAME
Page frame merupakan sebuah container yang mengandung beberapa objek lain, yaitu page.
Property khusus:
Pagecount: menentukan jumlah pages yang terdapat di dalam Page frame.

Subscribe to receive free email updates: