Weakness (Kelemahan) dan Strength (Kekuatan)

Strength (Kekuatan)
Kekuatan adalah sebuah sumber, kemampuan, atau keuntungan lain yang berhubungan dengan pesaing dan kebutuhan dari pasar yang disediakan oleh sebuah perusahaan.   Kekuatan ini adalah sebuah kemampuan khusus yang memberikan perusahaan keuntungan yang komparatif dalam pasar.  Kekuatan ada dengan memperhatikan kepada sumber keuangan, image, kepemimpinan pasar, hubungan dengan pemasok  dan  pelanggan,  dan  faktor  lain.  Mengindentifikasi  kekuatan dapat dilakukan dengan cara :
   apa yang menjadi keunggulan alami perusahaan
   kegiatan apa yang dianggap terlaksana dengan bail
   apa yang menjadi modal pengetahuan perusahaan
   apakah karyawan telah menggunakan semua kemampuan yang ada

Weakness (Kelemahan)
Sebuah kelemahan adalah sebuah batas atau kekurangan dalam sumber, kemampuan, dan kesanggupan yang merintangi keefektifan prestasi  perusahaan.      Fasilitas,  sumber  keuangan,  kemampuan manajemen, kemampuan pemasaran, dan merek dapat menjadi sumber dari  kelemahan.  Mengidentifikasi  kelemahan  dapat  dilakukan  dengan cara :
      apa yang bisaa dilakukan sembarang
      apa yang harus diperbaiki
      apa yang harus dihindari
      adakah rasa keengganan untuk berubah dari karyawannya
      adakah penurunan motivasi kerja pada karyawan
      apakah karyawan tidak fokus pada pekerjaannya
      apa yang menjadi keterbatasan / hambatan pada sumber daya dan kemampuan
      apa yang terjadi bila ada perubahan teknologi, permintaan pasar, peraturan pemerintah
      apa yang terjadi bila ada perubahan arah pada ekonomi, politik

Subscribe to receive free email updates: