Pengertian Dasar Object-oriented programming

Pengertian Dasar Object-oriented programming
Bagi   pemula   dalam   pemrograman   object-oriented   harus   betul-betul memahami lima buah konsep, yaitu: class, object, property, event, dan method/procedure.

Class à adalah kumpulan instruksi/informasi yang menunjukkan bagaimana sebuah object harus bekerja.

Object à adalah sebuah bentuk konkret dari suatu class. Contoh object dalam Visual FoxPro adalah: command button, textbox, dll.
Setiap object memiliki:

Property (karakteristik), misalnya: warna object (forecolor/backcolor), tulisan yang ditampilkan object tertentu (caption), serta apakah object tersebut tampak atau tidak waktu program dijalankan (visible).

Event, yaitu kejadian-kejadian yang terjadi atas object tertentu. Misalnya, waktu sebuah object dibuat/diciptakan (init), object tersebut diaktifkan (activate) dan waktu object itu di-click dengan mouse (click event)
 Method/procedure adalah program khusus yang terkait dengan suatu object tertentu.

Pengalamatan Object
Pada prakteknya, dalam Object Oriented Programming (OOP) kita harus sering mengalamati object. Misalnya, kita membuat instruksi di sebuah object (disebut current object), untuk mengubah caption dari suatu object lain menjadi tulisan "ABC”.

Subscribe to receive free email updates: