Contoh Masalah Pokok, Tujuan Penelitian, Manfaat dan Sistematika Penulisan

Masalah Pokok
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan pada bagian terdahulu, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Apakah dimensi kualitas pelayanan karyawan PT. Jasindo mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.
2.      Mana di antara dimensi pelayanan (bukti fisik, kehandalan, tanggapan, jaminan dan empati) yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Tujuan Penelitian

Sesuai dengan latar belakang masalah dan masalah pokok yang telah dikemukakan sebelumnya,  penelitian ini mempunyai tujuan yaitu :
a.      Untuk melihat sejauh mana kualitas pelayanan yang diterapkan oleh PT. Jasindo.
b.      Untuk mengetahui pengaruh pelayanan (bukti fisik, kehandalan, tanggapan, jaminan dan empathy) terhadap kepuasan konsumen asuransi kendaraan bermotor.
c.      Untuk menganalisis dimensi pelayanan manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen asuransi kendaraan bermotor.

Manfaat Penelitian

Adapun  manfaat  yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah:
a.      Sebagai masukan bagi manajemen PT. Jasindo dalam rangka memantapkan program layanan yang maksimal kepada para konsumennya.
b.      Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bagi mereka yang berminat melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah kualitas pelayanan terhadap konsumen tertanggung asuransi kendaraan bermotor.
c.      Sebagai hasil karya yang dapat memperluas wawasan pengetahuan dalam hal studi empiris tentang kualitas pelayanan terhadap peningkatan kepuasan konsumen tertanggung asuransi kendaraan bermotor.

Sistematika Pembahasan
Untuk memudahkan penulisan skripsi ini, maka penulis membagi ke dalam enam bab dengan sistematika sebagai berikut :
Bab pertama merupakan bab pendahuluan tentang latar belakang masalah, masalah pokok, tujuan dan kegunaan penelitian, manfaat penelitian, sistematika pembahasan.
Bab kedua menjelaskan tinjauan pustaka meliputi pengertian pemasaran, pengertian jasa, pengertian asuransi dan jenis asuransi, pengertian pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, pengertian kepuasan pelanggan, kerangka pikir hipotesis.
Bab ketiga membahas mengenai metode penelitian yang terdiri dari, daerah dan waktu penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, jenis dan sumber data, metode analisis.
Bab keempat gambaran umum perusahaan, yang terdiri atas sejarah singkat perusahaan, tujuan dan jenis usaha serta struktur organisasi dan uraian tugas.
Bab kelima adalah bab pembahasan tentang analisis perkembangan jumlah konsumen asuransi, analisis dimensi kualitas pelayanan pelanggan asuransi, analisis deskriptif, analisis pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

Bab keenam sebagai bab penutup yang berisikan simpulan dan saran  yang dianggap perlu.

Subscribe to receive free email updates: