Latar Belakang Tentang Budaya Indonesia

Latar Belakang
Dewasa ini kita dihadapkan dengan kenyataan yang memprihatinkan, plasma nutfah dan sumber daya alam Indonesia dieksploitasi oleh pihak asing untuk kepentingan negara mereka sendiri. Rakyat Indonesia tidak dapat menikmati kekayaan alam negeri sendiri sehingga kesejahteraan masyarakat Indonesia berada di bawah rata-rata. Negara yang kaya akan sumber daya alam dan plasma nutfah ini seharusnya memiliki tingkat gizi yang lebih baik dibanding negara-negara lain, akan tetapi pemanfaatan yang tidak optimal menyebabkan kesejahteraan masyarakat Indonesia di bawah rata – rata. Berbagai penyakit seperti busung lapar timbul akibat kekurangan gizi, terutama protein. Upaya untuk menangani masalah ini perlu mendapat perhatian secara serius untuk mengantisipasi berbagai masalah sosial yang akan ditimbulkan.

Saat ini, harga protein hewani yang berasal dari daging, ikan, telur dan susu semakin mahal sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat luas, khususnya yang berpendapatan pas-pasan. Untuk mencegah meluasnya masalah kekurangan gizi terutama protein di masyarakat, perlu digalakkan pemakaian sumber-sumber protein nabati. Penggunaan protein nabati dari kacang-kacangan (seperti tahu, tempe, dan oncom) telah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kekurangan gizi dan protein tersebut (Siswono, 2002).

Oncom sebagai makanan khas dari Jawa Barat yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia, memiliki nilai gizi yang baik dan harganya pun sangat terjangkau, namun sosialisasi oncom di Indonesia masih sangat minim. Oncom masih kalah terkenal dibandingkan hasil olahan kacang-kacangan yang lain, seperti tahu dan tempe. Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa oncom merupakan makanan tradisional yang bergizi tinggi sehingga banyak yang mengabaikan makanan tradisional ini. Sebagai salah satu makanan tradisional hasil fermentasi, sebenarnya oncom pun tidak kalah dari tempe dan tahu. Oncom memiliki kandungan protein yang tinggi, selain itu oncom juga dapat diolah menjadi pepes, sayur tumis campur leunca, sayur lodeh, keripik oncom, combro (oncom dijero), dan berbagai macam makanan enak lainnya.

Pembuatan oncom yang ada sekarang masih menggunakan cara tradisional yang tidak memiliki standar operasional produk sehingga rasa dan kualitas oncom tidak terjamin. Salah satu faktor untuk membuat oncom yang baik adalah kualitas raginya, yaitu kapang Neurospora sp. (James M. Jay, 2000).  Ragi oncom yang baik mampu menguraikan struktur – struktur kimia dalam kacang tanah menjadi senyawa – senyawa yang lebih sederhana melalui proses fermentasi, sehingga lebih mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Selain itu, citarasa, tekstur, serta aroma dari oncom juga sangat dipengaruhi oleh kualitas dari raginya, namun ragi oncom belum begitu dikembangkan di negara lain maupun Indonesia sendiri, yang merupakan negara tempat oncom berasal, sehingga belum ditemukan metode yang tepat untuk menghasilkan ragi oncom dengan kualitas bagus, baik ditinjau dari segi kualitatif maupun dari segi kuantitatifnya seperti kenaikan kadar protein,  karbohidrat, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan (Steinkraus, 1996).

Saat ini kualitas ragi oncom yang beredar di pasaran telah menurun. Beberapa bahan yang sering digunakan sebagai media substrat untuk pembuatan ragi oncom ialah beras dan bekatul (Sastraatmadja et al., 2002), namun daya tahan inokulum oncom dari media substrat ini tidak lama. Oleh karena itu, penulis berusaha meneliti cara menangkap mikroba, terutama kapang Neurospora sp. dari alam dan cara pembiakannya dengan media substrat dari campuran kacang tanah, kedelai, dan jagung dengan berbagai perbandingan komposisi, sehingga didapatkan inokulum mixed culture yang dapat menghasilkan ragi oncom berkualitas unggul dan mempunyai daya tahan yang lama. Melalui ragi ini diharapkan oncom yang dihasilkan mempunyai cita rasa dan flavor yang bagus, serta memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi

Subscribe to receive free email updates: