Contoh BAB I Makalah Standard ISO

Latar Belakang Masalah
Standard ISO 17799 sekarang ini sangat dibutuhkan oleh dunia usaha / bisnis  . Hal ini berkenaan dengan keamanan informasi yang dimilikinya. Sebagaimana kita ketahui dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, dan semakin meningkatnya penggunaan teknologi internet sebagai media layanan informasi, maka kecenderungan untuk dilakukannya kejahatan oleh pihak luar terhadap informasi yang dimilikinya tersebut tinggi pula.

Tentunya ini mengingatkan kita, dalam hal ini perusahaan-perusahaan dalam menjalankan bisnisnya harus lebih berhati-hati dalam mengamankan data yang dimilikinya. Adapun solusi yang ditawarkan kepada perusahaan adalah suatu pedoman atau acuan yang dapat digunakan untuk mengamankan  data yang dimilikinya adalah Standard ISO 17799.

Standard ISO 17799 adalah merupakan suatu Standard Informasi Secuity Management  system ( Sistem Manajemen Informasi security ) yang telah telah disempurnakan untuk digunakan oleh peruasahaan-perusahaan didalam mengamankan data yang dimilikinya. Namun di benak  beberapa orang akan muncul beberapa pertanyaan tentang Kapabilitas Standard ISO 17799 dalam memanage keamanan data perusahaannya, diantaranya :

Jika kita menerapkan manajemen keamanan ini, bagaimana kita mengetahui hal itu  efektif ? bagaimana itu terukur? Lebih penting lagi, bagaimana kita  membuktikan  pada customer bahwa informasi dijamin aman? Apa yang kita lakukan untuk mengurangi resiko ini?

Untuk menjawab pertanyaan itu semua, dalam laporan  tugas ini penulis akan menguraikan Standard ISO 17799 secara lengkap.

1.1  Tujuan
Untuk mendapatkan gambaran tentang sejauh mana peran Standard ISO 17799  dalam mendukung keamanan data bagi perusahaan-perusahaan atau organisasi.
1.2  Pembatasan Masalah
Batasan masalah dari tugas ini adalah :
Membahas Sistem Managemen Keamanan Informasi
1.3  Metodologi Penelitian
Metode Penelitian yang digunakan dalam penyusunan Laporan tugas ini adalah sebagai berikut :
  1. Konsultasi dengan dosen pengajar,
  2. Studi pustaka.
1.5. Sistematika Pembahasan
Dalam penyusunan laporan tugas ini, dibuat sistematika sebagai berikut :

BAB I; berisi tentang penjelasan mengenai latar belakang masalah, tujuan, batasan masalah, metodologi penelitian.
BABII; berisi tentang histori ISO 17799, definisi ISO 17799,  prinsip  dari ISO 17799, bagaimana cara bekerja ISO 17799, keuntungan ISO 17799.
BAB III;  berisi tentang Sistem management Keamanan Informasi ISO 17799

BAB IV;  berisi tentang kesimpulan dan saran.

Subscribe to receive free email updates: