Kolokasi atau Sanding Kata

Kolokasi atau sanding kata adalah asosiasi tertentu dalam menggunakan pilihan kata yang cenderung digunakan secara berdampingan. Kata-kata yang berkolokasi adalah kata-kata yang cenderung dipakai dalam satu domain atau jaringan tertentu.

(37)   Pak Timbul, ayah Djo Koplak dirawat di rumah sakit, karena badannya demam dengan suhu tinggi. Selain diobati, Pak Timbul juga dikompres agar suhu badannya turun. Pagi hari, dokter memeriksa kondisi Pak Timbul menyimpulkan, hasil diagnosis menunjukkan serangan demam berdarah. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan trombositnya kurang sehingga perlu tranfusi. Djo Koplak pun disarankan agar segera mencari trombosit ke markas PMI, dan juga diberi resep untuk menebus obat di apotek. (RB, 02/02/2007)

Pada wacana (45) di atas tampak pemakaian kata-kata rumah sakit, dikompres, suhu badan, dokter, diagnosis, demam berdarah, laboratorium, transfusi, trombosit, PMI, resep, obat, dan apotek, yang dipakai dalam suatu domain atau jaringan bidang kesehatan atau kedokteran yang saling berkolokasi dan mendukung kepaduan wacana tersebut.

Subscribe to receive free email updates: