Pengertian Data Warehouse

Pengertian Database 
Menurut Date (1995, p9) adalah suatu kumpulan dari data yang persistent, yaitu data yang berbeda satu dengan lainnya dan biasanya mempakan data yang bersifat sementara dimana kumpulan tersebut dapat digunakan oleh sistem-sistem aplikasi dalam suatu pemsahaan. 

Menurut Bell dan Grimson (1992, p15) database didefinisikan sebagai kumpulan data yang terintegrasi yang dapat dipakai bersama. Databasse digambarkan seperti sebuah penampungan data, dimana data akan dimasukkan ke dalamnya, sementara pemakai akan mengambil dan menggunakan data yang telah dimasukkan tadi. 

Menurut Mcleod (1995, p324) database adalah suatu kumpulan data komplek yang terintegrasi, diorganisasikan dan disimpan dengan suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali. 


Pengertian Data Warehouse 

Menurut Ramalho (1999,p206) data warehouse adalah sebuah database yang mengandung data yang biasanya mewakili sejarah bisnis dari suatu organisasi. Data historis dari data warehouse digunakan dalam aktivitas analisis yang mendukung keputusan bisnis dalam beberapa tingkat. Data di dalam data warehouse diorganisir untuk mendukung analisa, bukan transaksi pernrosesan dalam waktu nyata, seperti pada sistem online transaction processing (OLTP). Menurut Ramalho (1999,p204) data warehousing adalah pendekatan untuk penyimpanan data di mana sumber­ sumber data yang heterogen (yang biasa tersebar pada beberapa database OLTP) dimigrasikan untuk penyimpanan data yang homogen dan terpisah. 

Menurut Poe (1996,p6) data warehouse adalah database ana!itik yang digunakan sebagai dasar sistem pengambilan keputusan. Analisa yang digunakan bersifat read­ only sehingga tidak dapat dilakukan perubahan data yang digunakan. 

Secara fisik, data warehouse adalah database, namun perancangan data warehouse sangat berbeda dengan perancangan database tradisional yang digunakan pada sistem informasi yang dikenal selama ini. Dalam perancangan database tradisional digunakan metode normalisasi, sedangkan dalam perancangan data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik, sebaliknya perancangan data warehouse dikenal dengan metode denormalisasi.

Subscribe to receive free email updates: