Pengertian Mutasi dan Pemberhentian

Mutasi 
Mutasi adalah suatu perubahan posisi/ jabatanl tempat/ pekerjaan yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal (promosi/ demosi) di dalam suatu organisasi.(Hasibuan,1997, pl14). Istilah-istilah yang sama pengertiannya dengan mutasi adalah pemindahan, transfers, job rotation. karyawan. 

Mutasi adalah salah satu tindak lanjut yang dilakukan dari hasil penilaian prestasi karyawan, karena dengan penilaian prestasi karyawan akan diketahui kecakapan karyawan itu dalam menyelesaikan uraian pekerjaan (job description) yang dibebankan kepadanya. Mutasi itu harus didasarkan atas indeks prestasi yang 

dapat dicapai oleh karyawan bersangkutan. Karena dengan mutasi diharapkan memberikan uraian pekerjaan, sifat pekerjaan, lingkungan pekerjaan dan alat-alat kerja yang cocok bagi karyawan bersangkutan sehingga ia dapat bekerja efisien dan efektif pada jabatan itu. 

Pada dasarnya mutasi ini termasuk dalam fungsi pengembangan karyawan, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja dalam perusahaan tersebut. 

Pemberhentian 

Pemberhentian memiliki istilah lain, yaitu PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pemberhentian, antara lain: 

1. Keadaan perusahaan 
2. Kinerja karyawan yang tidak baik  (Hasibuan, 1997, p116) 

Pelatihan dan Pengembangan 
Menurut Beech dan Mckenna (1995, p157) pelatihan merupakan suatu alat dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkaitan dengan meningkatkan kemampuan dan kapasitas karyawan untuk dapat mengikuti kebutuhan pekerjaan yang selalu berubah-ubah.

Subscribe to receive free email updates: