Contoh Rangkuman Hasil Penelitian

Rangkuman Hasil Penelitian
Dari keseluruhan data dan analisis data di atas dapat diklasifikasikan jenis-jenis data sebagai berikut:
1.      Aspek Gramatikal
a.       Referensi pronomina persona menggunakan unsur-unsur kohesi kamu,dia ia, aku, mereka, dan kita.
b.      Referensi demonstratif terbagi atas pengacuan demonstratif tempat, yaitu menggunakan unsur-unsur kohesi itu dan di sana serta pengacuan demonstratif waktu, yaitu menggunakan unsur-unsur kohesi kini.
c.       Referensi komparatif menggunakan unsur-unsur kohesi berupa satuan lingual lain halnya, seperti, dan kayak.
d.      Substitusi nominal menggunakan unsur-unsur kohesi penghasilan di substitusi dengan duit masuk, dan bangunan di substitusi dengan rumah.
e.       Substitusi verbal menggunakan unsur-unsur kohesi satuan lingual melintas di substitusi dengan satuan lingual lewat
f.       Substitusi frasal menggunakan unsur-unsur kohesi Djo Koplak dan Ali Djomzanah di substitusi dengan frasa dua sahabat.
g.      Substitusi klausal menggunakan unsur kohesi begitulah sebagai substitusi dari klausa Jam tujuh kurang seperempat Djo Koplak berangkat ke sekolah. Di pertigaan kampung, seperti biasa, dia akan bertemu teman sekelasnya, Bagus namanya.
h.      Elipsis menggunakan unsur-unsur kohesi satuan lingual kata gigi, frasa pinjam uang, dan klausa kenapa ia membuang-buang makanan.
i.        Konjungsi banyak dijumpai dalam wacana RB. Diantaranya menggunakan unsur-unsur kohesi dan, karena, malah, tetapi, lalu, kemudian,dan setelah.

2.      Aspek Leksikal
a.       Repetisi Epizeuksis menggunakan unsur-unsur kohesi kucing, gratis, Pak Timbul, dan pakaian.
b.      Repetisi tautotes menggunakan unsur kohesi tawa.
c.       Repetisi anafora menggunakan unsur kohesi rokok.
d.      Repetisi anadiplosis menggunakan unsur-unsur kohesi motor dan orang.
e.       Repetisi mesodiplosis menggunakan unsur-unsur kohesi Djo dan pamer.
f.       Repetisi epistrofa menggunakan unsur kohesi surat lamaran pekerjaan.
g.      Sinonimi kata dengan kata menggunakan unsur-unsur kohesi satuan lingual wanita dengan perempuan, serta mengail dan memancing.
h.      Sinonimi kata dengan frase atau sebaliknya menggunakan unsur kohesi Lawen dengan ujung utara Banjarnegara.
i.        Sinonimi frase dengan frase menggunakan unsur kohesi gelang karet dengan benda lentur.
j. Antonimi oposisi mutlak menggunakan unsur-unsur kohesi  tanya dengan jawab, serta pergi dengan pulang.
k.      Antonimi oposisi kutub menggunakan unsur kohesi naik dengan turun.
l.        Antonimi oposisi hubungan menggunakan unsur kohesi murid dengan guru.
m.    Kolokasi menggunakan unsur-unsur kohesi bidang kesehatan atau kedokteran, kata-katanya diantaranya rumah sakit, dikompres, suhu badan, dokter, diagnosis, demam berdarah, laboratorium, transfusi, trombosit, PMI, resep, obat, dan apotek.
n.      Hiponimi menggunakan unsur-unsur kohesi satuan lingual buruh tanah, buruh bangunan dan kuli angkut untuk menyatakan hipernim dari pekerjaan (serabutan). Hiponim kucing dan anjing untuk menyatakan hipernim dari binatang, serta hiponim bahasa Indonesia dan matematika untuk menyatakan hipernim dari pelajaran.
3.      Diksi atau pilihan kata
Diksi atau pilihan kata yang terdapat dalam wcana RB diantaranya berhubungan dengan percintaan atau asmara dan komunikasi telepon yang terlihat menonjol. Kata-kata yang berkaitan dengan asmara atau percintaan diantaranya, cewek, cakep, mulus, super jelek, menggoda, njomblo, berbunga-bunga, dan belahan hati. Sedangkan kata-kata yang biasa digunakan dalam percakapan telepon sehari-hari antara lain, halo, telepon, SMS, hp, nelepon, dan panggilan masuk.

Subscribe to receive free email updates: