Contoh Pembuatan Identifikasi, Pembatasan, Perumusan Masalah

A.    Identifikasi Masalah 
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan pada penelitian ini sebagai berikut:
1.      Kajian objek matematika yang bersifat abstrak menyebabkan siswa harus berupaya untuk mempelajari dan memahami pelajaran matematika secara intensif agar mendapatkan prestasi yang optimal dalam belajar.
2.      Siswa belum terbiasa menerapkan belajar berdasarkan Self-Regulated Learning yang merupakan salah satu bentuk upaya siswa dalam belajar dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisis, motivasi dan perilaku aktif  sehingga berpengaruh terhadap pencapaian prestasi belajar matematika siswa. 

B.     Pembatasan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah di atas, maka dalam penelitian ini perlu adanya pembatasan masalah agar pengkajian masalah dalam penelitian ini dapat lebih terfokus dan terarah. Karena keterbatasan yang dimiliki peneliti baik dalam hal kemampuan, dana, waktu dan tenaga maka penelitian ini  hanya membatasi masalah pada siswa belum terbiasa menerapkan belajar berdasarkan Self-Regulated Learning Self-Regulated Learning di SMP Negeri 4 Depok Sleman, Yogyakarta. 

C.    Perumusan Masalah 

Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi dan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan bagaimana pengaruh Self-Regulated Learning pada aspek metakognisi, motivasi dan perilaku siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri  4 Depok Sleman, Yogyakarta? 

D.    Tujuan Penelitian 

Setelah permasalah dirumuskan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self-Regulated Learning pada aspek metakognisi, motivasi dan perilaku siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMP Negeri  4 Depok Sleman, Yogyakarta. 

E.     Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian, maka dengan penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat atau kegunaan dalam pendidikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi guru
a.       Untuk memberikan gambaran peran guru sebagai motivator dan fasilitator di dalam memberikan bimbingan kepada siswa dalam rangka mewujudkan kemandirian belajar siswa
b.      Sebagai bahan acuan bagi guru untuk menentukan strategi mengajar yang tepat guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif
2.      Bagi peneliti, penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam penulisan karya ilmiah
3.      Bagi peneliti-peneliti lain, penelitian ini sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian yang sejenis di masa depan.

Subscribe to receive free email updates: