4 Bagian Media Transmisi

Secara umum media transmisi yang digunakan untuk komunikasi data terbagi menjadi 4 bagian yaitu:
1.      Twisted Pair
Twisted pair terdiri dari empat pasang kawat yang disekat dan disusun dalam suatu pola spiral beraturan. Pasangan kawat ini digunakan sebagai jalur komunikasi.

Twisted pair tediri dari dua jenis yaitu:
a)      Shielded twisted pair (STP) mengkombinasikan teknik – teknik perlidungan dan antisipasi tekukan kabel. SPT dipergunakan bagi instalasi jaringan ethernet, memiliki resistansi atas interferensi elektromagnetik dan frekuensi radio tanpa perlu meningkatkan ukuran fisik kabel.

b)      Unshielded twisted pair (UTP) pada dasarnya sama dengan STP, hanya dari segi bentuk lebih kecil dibandingkan dengan SPT.

2.      Kabel Coaxial
Kabel coaxial berisi kawat tembaga keras sebagai intinya, sekelilingnya dilapisi dengan bahan penyekat, penyekat ini dilapisi lagi dengan konduktor silindris yang berbentuk jalinan anyaman, kemudian konduktor sebelah luar ditutup dengan pelindung plastik yang aman terhadap noise.

3.      Serat Optik
Serat optik terbuat dari kaca yang halus, silika atau plastik yang meneruskan cahaya berdasarkan efek pembelokkan cahaya. Serat optik Tidak mudah disadap dan relatif tidak ada noise

4.      Wirelees
Teknologi wireless digunakan untuk membuat instalasi antar gedung atau kawasan yang tidak memungkinkan ditarik kabel. Cocok digunakan pada bangunan yang sudah jadi tanpa perlu membuat pengkabelan. Wireless bekerja pada frekuensi 2,4 – 2,483 GHz. 

Subscribe to receive free email updates: