Unit Fungsional Input komputer

Keyboard
Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan  data ke dalam system komputer.

Mouse

Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol.  Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan  pada layar.

Mouse secara significant dapat mereduksi input yang dimasukkan oleh pemakai melalui serangkaian pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor.

Trackball, Joystick, dan Touchpad

Mouse mengenable operator untuk memindahkan kursor pada layer computer. Sekumpulan perangkat input inovatif telah dikembangkan untuk melakukan fungsi serupa, untuk memenuhi berbagai lingkungan aplikasi dan

preferensi user. Prinsip operasi trackball sangat mirip dengan mouse mekanik. Suatu bola dipasang pada shallow well pada keyboard. User memutar bola tersebut untuk mengindikasikan pergerakan kursor yang diinginkan di layar.

Joystick
adalah stick pendek berputar yang dapat digerakkan dengan tangan untuk menunjuk ke tiap arah dalam bidang XY. Pada saat informasi ini dikirim ke computer, software menggerakkan kursor pada layar dengan arah yang sama.

Subscribe to receive free email updates: