Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Levitt (Kotler, 2003, p22) menggambarkan sebuah kontras perspektif antara konsep penjualan dan pemasaran sebagai berikut: 

Penjualan berfokus pada kebutuhan si penjual; pemasaran berfokus pada kebutuhan si pembeli. 

Penjualan didorong oleh kebutuhan si penjual untuk mengubah produknya menjadi uang tunai; pemasaran dengan ide untuk memuaskan kebutuhan pelanggan dengan produknya dan seluruh bagian dari hal-hal yang berhubungan dengan menciptakan, mengirimkan, dan pada akhirnya mengkonsumsinya. 
Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Konsep penjualan memakai perspektif dalam-ke luar. Konsep ini dimulai dengan pabrik, berfokus pada produk yang ada, dan bermaksud menjual besar-besaran dan mempromosikan untuk menghasilkan penjualan yang menguntungkan. Konsep pemasaran mengambil perspektif luar-ke dalam. Konsep ini dimulai dengan pasar yang telah didefinisikan dengan baik, berfokus pada kebutuhan pelanggan, mengkoordinasikan semua aktivitas yang akan mempengaruhi pelanggan, dan menghasilkan profit dari memuaskan pelanggan.

Subscribe to receive free email updates: