Pendapat 4 Ahli dengan Pengertian Supply Chain

Beberapa Ahli mengungkapkan pendapat yang berbeda tentang Pengertian Supply chain, dibawah ini kita akan bahas pengertian tentang Supplay Chain menurut beberapa ahli.

Menurut Pujawan (2005, p5), Supply chain adalah jaringan perusahaan- perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya termasuk pemasok (supplier), pabrik, distributor, toko, atau ritel, serta perusahaan- perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik. 

Menurut Indrajit (2006, p5), Supply chain adalah suatu sistem pada organisasi yang menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan yang mempunyai tujuan yang sama. 

Menurut J.Aitken (Christopher, 1998, p19) Supply chain didefinisikan sebagai sebuah jaringan yang terhubung dan saling bergantung dan menguntungkan dalam organisasi dan saling bekerja sama untuk mengendalikan, mengatur dan mengembangkan alrus material dan informasi dari supplier ke end user. 

Menurut Schroeder (2007, 189) Supply chain adalah rangkaian dari proses bisnis dan informasi yang menyediakan produk atau jasa dari supplier ke manufaktur, dan mendistributorkan ke konsumen 

Jadi kesimpulannya Supply chain adalah suatu sistem Jaringan di perusahaan yang terhubung, terangkai, saling bergantung, dan saling menguntungkan dalam organisasi yang bekerja sama untuk mengendalikan, mengatur, dan mengembangkan arus material, produk, jasa dan informasi dari supplier, pabrik, distributor, toko, atau ritel, serta perusahaan-perusahaan pendukung seperti perusahaan jasa logistik hingga ke pelanggan sebagai end user. 

Demikian kata mereka terhadap Supply Chain semoga dapat membantu... Terima Kasih...

Subscribe to receive free email updates: