Contoh Pemanfaatan Geotube

Beberapa contoh kasus pemanfaatan geotube akan dibahas. Kasus – kasus yang akan dipaparkan adalah kasus yang memanfaatkan geotube dalam aplikasi penanggulangan erosi. Fungsi lain dari geotube tidak akan dibahas lebih jauh. 

Sand Dune Construction Bolivar Peninsula, Texas. 

Owner : Galveston County , Texas. 
Konsultan : Shiner Moseley & Assoc. 
Kontraktor : DRC Inc., Reama Contracrtors. 

Bolivar Peninsula terletak pada Galveston County, Teluk Texas. Daerah ini mengalami erosi yang parah, terutama diakibatkan oleh badai tropis dan angin ribut. Padahal Bolivar Peninsula menampung lebih dari lima ribu residen. Pada tahun  1998, badai Francis merusak pantai – pantai di Teluk Texas dan menyebabkan kerugian sebesar 4 – 5 juta Dollar Amerika, dan 35 rumah hilang tersapu badai. 

Erosi juga mengakibatkan banyak struktur di Bolivar Peninsula harus dibongkar. Solusi yang diharapkan selain dapat melindungi pantai dari badai, juga harus bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan Bolivar Peninsula. 
Contoh Pemanfaatan Geotube

Solusi yang dipilih adalah pemanfaatan geotube yang diisi dengan pasir kemudian akan ditutup dengan vegetasi sehingga terlihat alami. Proyek dimulai pada bulan Februari 2000. Konsep dasar dari pemasangan tube adalah untuk mengurangi erosi yang terjadi di daerah pantai, dimana bila terjadi badai, ombak besar dan angin ribut, diharapkan hanya bagian depan tube saja yang tererosi. Sedangkan bagian belakang tube yang banyak terdapat pemukiman akan terjaga tanahnya sehingga tidak merusak struktur. 

Konstruksi dibagi menjadi 2 fase. Pada fase pertama, 12.000 kaki ( 3.658 meter ) diinstalasi oleh Reama Constractors. Fase kedua dimulai Maret 2001 oleh DRC Inc. sepanjang 18.000 kaki ( 5.487 meter ). Total proyek mencapai 30.000 kaki ( 9.115 meter ) melindungi garis pantai lebih dari 5 mil ( lebih dari 8 km ). Dimensi tube adalah sebagai berikut : 

Keliling tube : 30 ft ( 9,144 meter ) Panjang unit : 250 ft ( 76,2 meter ) 

Produk Geotekstil : Mirafi GT 1000 ( Geotextile Polyester Woven , putih ) Produksi : Ten Cate Nicolon , Georgia. 

Angkur : Mirafi GT 500 ( Geotextile Polyester Woven , Hitam ) Protektor UV : Mirafi GT 1120 N ( non woven ) 

Angkur dimaksudkan untuk melindungi geotube dari erosi tanah di bawah tube. Sedangkan Mirafi GT 1120 N yang digunakan untuk proteksi terhadap sinar ultraviolet adalah proteksi tambahan yang diberikan karena selama instalasi geotube tidak terlindungi dari ultraviolet. Pasir dipompakan ke dalam tube melalui injector port yang terletak ditengah-tengah / 50 kaki ( 15,24 meter ). Kemudian tube ditutup dengan pasir dan diberi vegetasi. Dari laporan Huesker, kontraktor dapat menyelesaikan 1 buah tube per hari. 

Sebelum fase kedua selesai, Badai Allison menyerang pada bulai Mei 2001. Hanya sedikit kerusakan dan pembersihan yang harus dilakukan dan menghemat biasa perbaikan hingga 2 juta Dollar Amerika. Diperkirakan bila tanpa tube yang telah diinstalasi, sekitar 50 rumah akan rusak atau hilang oleh Badai Allison. Kondisi tanah di depan tube memang tererosi sehingga sebagian tube terekspos, namun tidak terjadi kerusakan pada tube dan tidak diperlukan perbaikan sama sekali.

Subscribe to receive free email updates: