3 Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis

Dalam Kegiatan sehari-hari kita sering melihat dan mendegar kata ikan, tetapi dari semua iklan tersebut ada perbedaanya, dimana iklan tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam. 

Beberapa macam cara dalam periklanan dapat digolongkan atas dasar penggunaannya. Karena perbedaan tesebut tergantung pada tujuan perusahaan dalam program periklanannya, disini periklanan dibagi kedalam : 

1. Periklanan Barang (Product Advertising) 

a. Primary Demand Advertising 

Merupakan periklanan yang berusaha mendorong permintaan untuk suatu jenis produk secara keseluruhan tanpa menyebutkan merek atau nama produsennya. Periklanan seperti ini biasanya dilakukan oleh gabungan pengusaha atau asosiasi perdagangan. 

b. Selective Demand Advertising 

Hampir sama dengan primary demand advertising hanya bedanya dalam selective demand advertising disebutkam merek dagang yang ditawarkan, periklanan produk ini juga dapat dikelompokkan kedalam : 
3 Perbedaan Setiap Iklan pada Bisnis

• Periklanan Langsung 
Dalam periklanan langsung penjual menginginkan adanya tanggapan yang tepat terhadap iklannya ini dilakukan dengan menggunakan kupon yang harus dikirim kembali dengan cepat oleh pembaca, untuk memperoleh keterangan-keterangan yang lebih terperinci tentang produk yang diiklankan. 

• Periklanan tidak Langsung 
Dibuat untuk mendorong permintaan dalam periode waktu yang lebih lama. Iklan ini dibuat untuk menyatakan kepada konsumen bahwa produk tersebut ada dan menguntungkan. 

2. Periklanan Kelembagaan 

Periklanan kelembagaan atau disebut juga corporate image advertising, dilakukan untuk menimbulkan rasa simpati terhadap penjualan dan ditujukan untuk menciptakan goodwill kepada perusahaan. Periklanan kelembagaan ini dapat dibagi menjadi 3 golongan, yaitu : 

1) Patronage institusional advertising 
Dalam periklanan ini penjual berusaha memikat konsumen dengan menyatakan suatu motif membeli pada penjual tersebut dan bukannya motif membeli produk tertentu. 

2) Public relations institusional advertising 
Disini periklanan dipakai untuk membuat pengertian yang baik tentang perusahaan kepada karyawan, pemilik perusahaan atau masyarakat umum. 

3) Public service institusional advertising 
Periklanan ini menggambarkan tentang suatu dorongan kepada masyarakat untuk melakukan hal-hal yang dianjurkan oleh iklan yang ditayangkan. Misalnya : register kartu prabayar, melaporkan jika ada kekerasan rumah tangga, dsb. 

3. Periklanan pasar 

Penggolongan periklanan yang lain adalah penggolongan yang didasarkan pada jenis atau sifat. Oleh karena itu, jenis periklanannya tergantung pada sasaran yang dituju, apakah konsumen perantara pedagang, atau pemakai industri. Jenis periklanan tersebuat adalah : 

a. Consumer advertising, ditujukan kepada konsumen 
b. Trade advertising, ditujukan kepada perantara pedagang terutama pengecer c. Industrial advertising, ditujukan kepada pemakai industri

Subscribe to receive free email updates: