Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary)

Setelah faktor – faktor strategis eksternal suatu perusahaan diindentifikasi, maka kemudian disusun untuk tabel EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary) untuk merumuskan faktor – faktor strategis eksternal tersebut didalam kerangka Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman) Tahapan – tahapan didalam penyusunan matriks EFAS adalah 

1. Susun peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan pada kolom 1 

Beri bobot faktor peluang dan ancaman pada kolom 2 dengan menggunakan teknik perbandingan berpasangan, di mana total bobot kolom 2 harus tepat 1. Konsep dari teknik ini adalah dengan membandingkan 2 (dua) alternatif dari faktor-faktor internal yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan pada suatu kriteria dan memilih salah satu diantaranya. Adapun bobot yang diberikan adalah: 

3: pengaruhnya paling atau sangat besar. 
2: pengaruhnya sedang. 
1: pengaruhnya kecil. 
Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary)

Pemberian bobot yang diberikan dapat dijelaskan sebagai berikut. Jika alternatif I lebih dipilih dibanding alternatif II dan bobotnya adalah 3, maka alternatif I mendapat bobot 3, sedangkan alternatif II mendapat bobot 1/3. Jika alternatif II lebih dipilih dibanding alternatif III dan  diberi bobot sebesar 2, maka alternatif II berbobot 2, sedangkan alternatif III berbobot ½. Demikian pula halnya dengan pemberian bobot sebesar 1. setelah diperoleh masing-masing bobot, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan bobot-bobot tersebut berdasarkan kolomnya. Kemudian nilai pada masing-masing kolom dibagi dengan hasil penjumlahan kolom tersebut. Hasilnya kemudian dinormalisasi. Langkah terakhir adalah merata-ratakan nilai pada masing-masing baris. Kemudian bobot yang di dapat dari perhitungan di atas di masukkan dalam kolom 2. 

2. Kalkulasikan rating untuk faktor peluang dan ancaman kemudian masukan pada kolom 3. Rating ditentukan pada skala 1 (poor) sampai 4 (Outstanding). Peluang terbesar diberikan rating 4 dan peluang terkecil diberikan rating 1. Untuk ancaman adalah sebaliknya, sehingga ancaman terkecil diberikan rating 4. Kalikan bobot pada kolom 2 dengan rating pada kolom 3, untuk memperoleh skor pembobotan untuk masing – masing faktor, skor diletakan pada kolom 4. 

3. Jumlahkan skor pembobotan pada kolom 4 untuk memperoleh total skor pembobotan bagi perusahaan yang dinilai.

Subscribe to receive free email updates: