Campuran Pengisi Geotube

Tanah yang non kohesif akan lebih mudah tererosi karena daya tarik antar butiran tanahnya sangat lemah. Disinilah kelebihan geotube terlihat. Kemampuannya dalam menahan butiran tanah bahkan yang non kohesif sehingga tidak tersapu arus permukaan, menjadikan geotube salah satu solusi penanggulangan erosi. 

Selain penggunaan tanah yang non kohesif sebagai bahan pengisi, tentunya tanah yang mudah didapat dan murah menjadi pilihan yang sangat baik, terutama di Indonesia yang sangat mudah untuk memperoleh tanah jenis lumpur dan lanau. 

Terkadang pemakaian campuran beton dan mortal juga di gunakan terutama bila tube ditempatkan pada lokasi yang besar kemungkinan akan mengalami benturan seperti pemakaian geotube sebagai jetty. Tentunya dari segi biaya tidak dapat dilihat semata – mata dari bahan pengisi yang digunakan, keefektifan untuk memperoleh material pengisi juga mempunyai pengaruh yang signifikan. 

Salah satu contoh kasus pengambilan bahan material pengisi yang efektif dapat dilihat pada instalasi geotube di Cameron Highland, Malaysia. Bahan lumpur dikeruk langsung dari sungai yang langsung berbatasan dengan lokasi instalasi. 
Campuran Pengisi  Geotube


Campuran pengisi dialirkan ke dalam geotube dengan bantuan pompa maupun memanfaatkan gravitasi. Campuran umumnya bersifat sangat cair / encer agar partikel tanah yang padat dapat dialirkan rata ke setiap segmen tube. Campuran partikel padat dan air umumnya 1 : 4 atau 3 : 7. Karena campuran pengisi mempunyai persentase kandungan air yang jauh lebih besar dari partikel padatnya, konsolidasi tube akan cukup mencolok. 

Pada partikel yang sangat granular seperti pasir, air akan terdisipasi dengan cepat namun pada lumpur lanau, air lebih lambat keluar dari tube. Selain dipengaruhi oleh jenis tanah pengisi, bukaan pori dan porositas geotekstil akan berpengaruh terhadap kecepatan disipasi air. Penyumbatan pada geotekstil akan memperlambat disipasi air. Pengisian ulang dapat dilakukan untuk mempertahankan ketinggian tube.

Subscribe to receive free email updates: