Faktor Pemilihan Media Iklan

Dalam mengadakan periklanan, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan media yang digunakan untuk periklanan. Faktor- faktor tersebut adalah : 

1. Tujuan periklanan 

Dari beberapa tujuan periklanan yang ada, misalnya perusahaan mengutamakan kecepatan sampainya berita kepada masyarakat / pasar. Untuk mencapai tujuan tersebut akan lebih tepat apabila perusahaan menggunakan surat kabar / radio sebagai media periklanannya. 


2. Sirkulasi media 

Sirkulasi media yang dipakai harus sesuai / seluas pola distribusi produknya, baik distribusi secara geografis maupun distribusi pada segmen dasar yang dituju. 

3. Keperluan media 

Adapun beberapa produk yang dalam periklanannya perlu disertai dengan gambar, tidak hanya berbentuk tulisan. Jadi berita yang harus disampaikan dirangkai dengan gambar. Media-media yang dipakai / dipilih adalah surat kabar, majalah, televisi, slide di bioskop, buletin dan lain sebagainya. 
Faktor Pemilihan Media Iklan

4. Biaya advertising 

Pertimbangan biaya ini dihubungkan dengan jumlah dana yang tersedia dan sirkulasi media yang akan digunakan. Makin luas sirkulasi media tersebut, semakin tinggi pula pemasangan iklannya. Namun tingginya biaya tersebut diimbangi dengan makin banyaknya jumlah pembaca yang dapat dicapai, sehingga diharapkan jumlah pembelinya akan semakin besar. 

5. Kerjasama dan bantuan promosi yang ditawarkan oleh media. 

Pada umumnya perusahaan cenderung untuk memilih media yang bersedia mengadakan kerjasama yang baik dan memberikan bantuan promosi yang lebih besar. Kerjasama tersebut dapat dilakukan secara terus-menerus dengan memberikan kesempatan pembayaran biaya advertising kepada perusahaan dalam jangka waktu yang lebih lama. 


6. Karakteristik media 

Untuk mengambil keputusan tentang media yang akan dipilih, perlu dipertimbangkan karakteristiknya. 

Perusahaan ini menggunakan media cetak yang berupa majalah Cibubur.com, dari pemakaian media ini terdapat beberapa kebaikan dan keburukan nya yaitu : 

Kebaikan dari pemakaian media cetak : 

• Biasanya relatif tidak mahal 
• Sangat fleksibel 
• Dapat dinikmati lebih lama 
• Pembaca lebih selektif 

Keburukan dari pemakaian media cetak : 

• Mudah diabaikan 
• Cepat basi

Subscribe to receive free email updates: