Pengertian Data Mining

Definisi Data Mining - Data mining adalah eksplorasi dan analisis dari gudang data yang besar (data warehouse) untuk menemukan rules dan pattern yang berarti. Data mining biasa digunakan untuk mensinergi data yang akan dijadikan sebagai data analisis. Data mining mengotomatisasi pencarian sesuatu yang baru dan yang berguna, dan menghasilkan pengetahuan yang tersembunyi dari data-data (Linoff ,1997, p5).


Data mining digunakan untuk melakukan prediksi trend dan behaviours di masa yang akan datang, sehingga mendorong perusahaan melakukan tindakan proaktif berdasarkan informasi yang mendorong dilakukannya sebuah tindakan/aksi dari perusahaan. (Turban, 2000, p162).

Data mining meyediakan teknologi yang pintar dan kemampuan untuk menjelajahi kemungkinan pengetahuan atau informasi yang tersimpan di sebuah data (Berson, 2000, p33).
Pengertian Data Mining

Data mining adalah proses untuk menemukan pattern yang bernilai dan relationship yang tersembunyi dalam database yang sangat besar (Seidman 2000).

Definisi umum dari data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu kumpulan data (Pramudiono, 2003, p1).

Data mining adalah beberapa cara pengembangan dari ilmu statistik dengan sedikit Artificial Inteligent dan seperti sebuah mesin yang mempelajari data untuk mengatasi masalah dengan menghasilkan informasi yang tidak kelihatan atau tidak disadari oleh pengguna teknologi informasi tersebut (Thearling, 1995).


Data mining merupakan otomatisasi pola-pola yang relevan dari basis data. Data mining dibangun dengan teknik statistik dan analisa yang baik untuk membangun sebuah model dan memprediksikan customer behaviour (perilaku pelanggan). Penggunaan data mining selalu diintegrasikan dengan penggunaan data warehouse sebagai sumber datanya (Kurt Thearling, 1999).

Subscribe to receive free email updates: