Pengertian Crystal Report

Pengertian Crystal Report 

Laporan dalam visual basic adalah hasil proses data yang telah di input sesuai prosedurnya sehingga menghasilkan hasil dan informasi. Visual basic telah menyediakan fitur internal pembuat laporan seperti Data Environtment Designer dan crystal report apabila telah terinstal akan menyatu pada visual basic melalui menu add-ins (report designer). Namun dalam penulisan ini program aplikasi sengaja menggunakan Seagate crystal report sebagai softawareuntuk membuat laporan. 

Crystal Report yang dikembangkan oleh Seagate software ini sangat kompatibel dengan bahasa pemograman visual basic. Pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah laporan terlebih lagi software ini sangatlah mudah dikoneksikan ke dalam program aplikasi melalui banyak cara.

Cara Menjalankan Crystal Report.


Cara Menjalankan Crystal Report.

Menggabungkannya dengan Visual Basic2008 dengan langkah sebagai berikut: 

1. Untuk menambah sebuah laporan baru kedalam project, klik menu project dalam Visual Basic, dilanjutkan dengan mengklik Cristal Report. 

2. Akan menampilkan kotak diaolog Cristal Report Gallery yang berfungsi sebagai pilihan jenis laporan apa apa yang akan dibuat. Pada setiap pilihan jenis laporan, anda akan dituntut oleh wizard ini dengan beberapa seri tab untuk menentukan dasar laporan. Untuk tutorial ini pilih Using the report expert dan tipe laporan standart. Klik tombol OK untuk langkah selanjutnya. 

3. Sebuah laporan memerlukan sumber data yang berfungsi sebagai isi dari laporanitu sendiri. Crystal report dapat mengakses beberapa sumber ata yang berbeda. diantaranya: 

a. Data Environment yaitu sumber data yang didefenisikan dalam objek Visual Basic 
Project yaitu sumber data dari objek database (ADO, RDO, DAO, OLE DB, ADBC). 
Other yaitu sumber data dari Crystal Reports yang berbentuk database driver yang ditampilkan dalam jendela data explore. 
Pada data jendela Data Explorer pilih item find Database field kemudian klik tombol Add. Akan ditampilkan kotak dialog open untuk membuka file sumber data data atau laporan. Dalam tutorial ini kita akan menggunakan file database milik Visual Basic 

4. Hasil pemilihan sumber data akan ditampilkan dalam frame tables kemudian klik tombol Next.Dalam tab Fields, anda diperbolehkan untuk memilih field apa saja yang akan ditampilkan dalam laporan. Untuk menambah filed ke dalam laporan, klik field yang tersedia dalam area Available fields, kemudian klik tombol Add untuk memasukkannya kedalam fields to Display. Tab group, Total, Top N, Chart, Select dan style digunakan untuk mengelompokkan data, membuat chart, dan memilih record yang akan ditampilkan.Klik tombol finish untuk melengkapi langkah-langkah pembuatan laporan. 

5. Melihat dan mencetak laporan 

Untuk melihat hasil laporan yang sudah kita buat, klik menu Run pada IDE Visual Basic dan pilih sub-menu Start

Subscribe to receive free email updates: