CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN
A.Pendahuluan
Latar belakang
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel
dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya
mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan
alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari
pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis katering makanan.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui
adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar
yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah
persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa
malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan
lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau
rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting
adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada
gagal mencoba.
B. Aspek manajemen
- Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
- Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang
- 3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya
- 2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan
C. Aspek Pemasaran
a) Target Pasar
Yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Sudah menjadi kelaziman bahwa
usaha katering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabila
telah pesanan telah diterima. Maka, tanpa pesanan, kegiatan produksi perusahaan
katering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu
hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.
- Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
- Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya
b) Konsep pemasaran
Terdiri dari 4 elemen (Price+Place+Promotion). UNTUK PRODUK, Anda mesti
mensurvai para pesaing-pesaing Anda. Misalnya saja, menentukan apa, 10 menu
terpopuler untuk katering di tempat anda. Nah, khusus, ke 10 menu itu, Anda
mutlak menguasainya. Langkah berikutnya, bertanya kepada diri kita sendiri
untuk maju selangkah lebih maju. Misalnya, dengan melakukan inovasi. Mampukah
kita menciptakan hal-hal yang baru dengan 10 menu populer itu. Contoh,
bagaimana caranya membuat nasi goreng kita beda dan terlihat lebih unik serta
kalau bisa catering murah.
c) Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan
strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem
produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang
mampu mensuplai bahan baku
dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah.
Atau Anda menggunakan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponenen menu Anda
yang salah. Di sini Anda perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai
menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.
CONTOH DAFTAR MENU NASI KOTAK
NASI KUNING
Nasi kuning
Mie
Kering tempe
Ayam goreng
Perkedel
Krupuk udang
Rp. 7.500,-
NASI PUTIH/URAP
Nasi Putih
Urap – urap
Trancaman
Ayam bumbu rujak
Rempeyek
Rp. 7.500,-
Dan lain-lain tergantung makanan yang dipesan
Berbagai masakan yang disesuaikan dengan pesanan
d) Distribusi dan Promosi
Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar kita
bisa memulai dari acara-acara hajatan keluarga sendiri yang kita kelola sendiri
kateringnya dan di setiap meja penyajian kita tempelkan nama katering kita
sebagai tanda pengenal dan promosi. Akan lebih baik jika kita sudah menyediakan
brosur dan kartu nama. Jika kita bisa mengelola pelayanan katering di hajatan
keluarga dengan baik maka semua kenalan dan relasi akan mengetahui kemampuan
kita. Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita bisa memulai dengan
memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT
atau perkumpulan yang kita ikuti dan dengarkan dna minta komentar tamu kita.
Dari sini kepercayaan kepada anda akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke
mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan kita menyebar brosur dan
beriklan tanpa pernah kita menunjukkan kemampuan kita di sebuah acara. Dalam
bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep
pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di
instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan. Di awal Anda membuka usaha,
buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk
setiap pemesanan dan Jangan pelit/segan memberikan sample masakan/mengundang
makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah
perusahaan/intansi..
C. Aspek Operasional
Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan
rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang
menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha katering, paling tidak
yang dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan--syukur-syukur bila Anda pandai
memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk
menjadi pengusaha katering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang
terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang
bisa memasak, Anda bisa melakukan prekrutan.
- Telah di jabarkan di atas bahwa katering ini dikelola bersama-sama dan tiap orang punya tugas masing-masing
- Cara penjaminan mutu dengan cara kita hanya akan berproduksi setelah mendapatkan pesanan jadi masakan dijamin masih segar.
- Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di kantor-kantor, dekat dengan lembaga pendidikan dan mudah dijangkau semua orang.
D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun
jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada.
Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung
jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal
saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja.
Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis
juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi
kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat
kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki
wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam
paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai
dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi,
semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan
situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam
di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman
misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering
telah Anda pikirkan.
E. Aspek Keuangan
Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang
terdiri dari 5 orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 1.000.000,00. Jadi
Modal awal kita sebesar Rp 5.000.000,00. Berikut ini kita tampilkan proyeksi
keuangan kita dalam 1 bulan.
Proyeksi Keuangan 1 bulan
1. Kas Rp 5.000.000,00
Modal Rp 5.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)
3. Peralatan Rp 500.000,00
Kas Rp 500.000,00
(Pembelian Peralatan)
Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan
Minimal mendapat 4 kali pesanan
2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 7.500,00)
2 x (200 Porsi x Rp 7.500,00) = Rp 3.000.000,00
2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 8.000,00)
2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) = Rp 800.000,00 +
Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 3.800.000,00
Jurnal Transaksi dalam 1 bulan
1. Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00
Kas Rp 200.000,00
2. Biaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 50.000,00 x 4 Pesanan)
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000 ,00
3. Biaya Bahan Baku(@ Rp 4.000,00).
Rp 4.000,00 x 500 Porsi = Rp 2.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00
Kas Rp 2.000.000,00
Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan
Pendapatan
Porsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 3.000.000,00
Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 800.000,00 +
Rp 3.800.000,00
Biaya-biaya
Biaya Angkut Rp 200.000,00
Biaya Tenaga Kerja Rp 1.000.000,00
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +
Rp 3.200.000,00 +
Laba Rp 600.000,00