Mengeluarkan Prespan dan Sisa Kawat

Mengeluarkan Prespan dan Sisa Kawat - Setelah lilitan dibongkar mungkin ada beberapa kawat yang menempel pada prespan. Untuk mengeluarkan sisa kawat digunakan tang lancip dengan cara menariknya keluar. 

Selanjutnya adalah mengluarkan prespan dari alur motor. Langkah kerjanya adalah dengan mengungkit sisi prespan yang lengket pada motor menggunakan pengungkit berbentuk plat tipis. Kemudian ditarik keluar menggunakan tang lancip dan membersihkan sisa prespan yang masih menempel pada alur dengan pengungkit plat baja tipis. 

Mengukur, Memotong Prespan Baru dan Memasangnya 

Setelah prespan dibongkar maka dua prespan bekas diambil sebagi sampel, yaitu satu prespan dalam dan satu prespan luar. Kemudian dilakukan pengukuran panjang dan lebar serta ketebalannya. 

Dari hasil pengukuran didapatkan bahwa ketebalannya adalah 20 mm, panjang 9,2 cm, dan lebarnya 2,8 cm untuk prespan dalam. Sementara untuk prespan luar didapatkan ketebalannya adalah 20 mm, panjang 8,3 cm, dan lebarnya 2 cm. Setelah di cek ternyata stok prespan 20 mm telah habis, kemudian penulis berdiskusi dengan kepala teknisi. Hasil diskusinya adalah prepan baru yang digunakan adalah prespan 25 mm dengan konsekuensi pemasangan lilitan akan sangat sulit, karena semakin padatnya alur motor. Maka 

Setelah prespan selesai dipotong sesuai ukurannya kemudian prespan dalam dipasang pada alur. Prosedur kerjanya adalah: 

1. Menekuk kedua ujung (bagian panjang) prespan kira-kira 3 mm 

2. Memasukkan ke dalam alur dan merapikannya

Subscribe to receive free email updates: