02/03/2013

Tujuan Dan Rekonsiliasi Bank

Tujuan Dan Rekonsiliasi Bank
Rekonsiliasi Bank, adalah suatu sarana untuk membandingkan catatan uang kas perusahaan yang ada di perusahaan (cash on hand) dan yang ada di Bank (cash at bank).

Pengendalian intern kas yang baik akan dapat memberi informasi mengenai sumber kas perusahaan, dikeluarkan untuk apa dan berapa saldo kas setiap saat dapat diketahui. Oleh karena itu, akuntan harus dapat menjelaskan sebab-sebab terjadinya perbedaan antara catatan perusahaan dengan laporan bank ( rekening koran ), dan menentukan jumlah saldo rekening giro yang sesungguhnya setiap bulannya. Proses ini disebut rekonsiliasi bank.

Tujuannya adalah sebagai pengendalian intern dengan cara menemukan dan mengkoreksi kesalahan serta hal yang tidak wajar lainnya.

Alasan dilakukan rekonsiliasi bank adalah:

Adanya informasi yang belum dicatat oleh perusahaan, seperti:
a.       Bank Charge (biaya bank), yaitu biaya administrasi yang dibebankan bank ke perusahaan, tetapi oleh perusahaan belum dicatat.
b.      Bank Transfer (pemindah bukuan), yaitu pengiriman uang ke perusahaan melalui bank dan dan belum diketahi oleh perusahaan.
c.       Dishonoured Cheque (cek kosong), yaitu cek yang berasal dari nasabah dan pada saat diuangkan oleh perusahaan tidak ada dananya, maka informasi yang sudah dicatat harus dihilangkan dari catatan tersebut.
d.      Mistakes (kesalahan), yaitu kesalahan yang terjadi dan dilakukan oleh pegawai perusahaan, misalnya salah menjumlah, menambah, mengali, membagi, menulis dan kesalahan lainnya.

Adanya informasi yang belum dicatat oleh bank, seperti:
a.       Unpresented Cheque (cek yang belum dicairkan), yaitu cek yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pihak lain, tapi oleh pihak tersebut belum dicairkan.
b.      Deposit In Transit / Deposit Not Credited / Outstanding Deposit (setoran dalam perjalanan), yaitu setoran perusahaan ke bank, yang belum tercatat pada Laporan Bank (Bank Statement) untuk bulan tersebut, hal ini terjadi karena selisih waktu.
c.       Mistakes (kesalahan), yaitu kesalahan yang dilakukan oleh pihak Bank seperti membebankan cek perusahaan lain ke dalam rekening perusahaan kita, serta kesalahan lainnya.

Tujuan Dan Rekonsiliasi Bank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ombar Pakpahan