04/03/2013

Struktur Dasar bahasa Pascal

Bahasa pascal adalah salah satu bahasa komputer yang menjembatani pemakai dengan mesin ( Komputer ) Dengan demikian komputer dapat diperintah melalui suatu bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia, yang disebut dengan istilah bahasa tingkat tinggi Bahasa Pascal berkembang sampai sekarang yang dulu menggunakan cobol, fortan dan sekarang kita kita menggunakan Turbo Pascal for Dos Ver.7.0. Dalam Pemograman pada sistem komputer kita akan selalu berhubungan dengan operasi input output. Pada umumnya system komputer menggunakan keyboard sebagai alat untuk menerima masukan ( Input devices ).

Struktur Dasar Bahasa Pascal
Program NamaProgram :
Program Pascal:
Type
                Type1 = DeklarasiTipe1;
                Type1 = DeklarasiTipe2;
...
Const1 = Deklarasiconst1;
Const1 = Deklarasiconst2;
var
                Var1 : Type;
                Var2 : Type;

Procedure NamaProcedure(Parameter);
Begin
                [Instruksi];
..
End;

Function NamaFungsi( Parameter );type;
Begin
[Instruksi];
..
End;
[Instruksi];
End.

Untuk memahami proses masukan data ( input ) harus terlebih dahullu diketahui jenis – jenis data, cara pendeklarasian data, dan format output data tersebut, pada bahasa pemograman pascal.

Tipe – Tipe Data Bahasa Pascal
1. Byte adalah tipe data numeric terkecil dalam bahasa pascal yang merupakan bilangan bulat. Data ini menempati memori komputer sebesar 1 byte ( merupakan susunan dari 8 bit bilangan biner ) sehingga rentang bilangannya berada antara 0 hingga 255.
2. Word adalah tipe data numeric yang menempati memoti computer sebesar 2 byte sehingga rentang bilangannya antara 0 hingga 65535
3. Integer adalah tipe data numeric yang menempati memoti computer sebesar 2 byte sehingga rentang bilangannya antara -32768 hingga 32767
4. Real adalah suatu bilangan yang bertanda yang mampu menampung bilangan desimal antara -29 X 109 hingga 1,7 X 108. Jenis data ini menempati memori komputer sebesar 6 byte.
5. Boolean adalah jenis data yang hanya memiliki du keadaan yaitu true ( benar ) dan false ( salah ) dan digunakan untuk penguji kondisi.
6. Char adalah jenis data yang terdiri dari satu hurup dan menempati memori komputer 1 byte.
7. String adalah kumpulan dari karakter dan menampung 2 milyar huruf
8. Longint adalah tipe data yang melebihi dari integer.
9. Single, double dan extanded adalah tipe data yang melebihi real.

Struktur Dasar bahasa Pascal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ombar Pakpahan